Pakar Hukum Internasional: Konflik Israel-Palestina Tidak Hitam Putih

Kamis, 20 Mei 2021 - 11:38 WIB
loading...
Pakar Hukum Internasional: Konflik Israel-Palestina Tidak Hitam Putih
Sekelompok remaja menyelesaikan pembuatan mural bertema solidaritas Palestina di Gang Jambu, Kedaung, Depok, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021). Foto/Okezone/Arif Julianto
A A A
DEPOK - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan konflik Palestina-Israel bersifat kompleks dan tidak bisa disederhanakan.

Saat ini banyak pihak di Indonesia menyederhanakan konflik Palestina Israel sebagai konflik agama. Padahal konflik yang terjadi sangat kompleks, multi dimensi dan tidak bisa dilihat hitam putih? katanya, Kamis (20/5/2021).

Dia menegaskan bahwa konflik yang terjadi dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk membangun narasi sesuai kepentingan, orientasi politik dan ideologi.

"Pihak yang memanfaatkan tidak hanya pemerintahan suatu negara terhadap negara lain tetapi juga elemen-elemen yang ada dalam suatu negara?" tandasnya.



Diingatkan dia bahwa sebaiknya saat ini semua pihak tidak mengedepankan kepentingan dan orientasi politik bahkan ideologi.

"Saat ini yang harus dikedepankan adalah mengakhiri kekerasan demi kemanusiaan. Berbagai pihak saling bertikai siapa yang harus dibela sementara pada saat bersamaan korban sipil terutama perempuan dan anak-anak terus menjadi korban?" ujarnya



(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3676 seconds (0.1#10.140)