Ajakan Puan Perangi Pandemi, Ingatkan Seruan Bung Karno Terkait Solidaritas

Rabu, 19 Mei 2021 - 16:50 WIB
loading...
Ajakan Puan Perangi Pandemi, Ingatkan Seruan Bung Karno Terkait Solidaritas
Seruan Ketua DPR Puan Maharani, agar dunia bersatu memerangi pandemi virus Corona (Covid-19), mengingatkan seruan Bung Karno untuk mengeratkan solidaritas. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seruan Ketua DPR RI Puan Maharani, agar dunia bersatu memerangi pandemi virus Corona (Covid-19) dengan cara mengupayakan pemerataan ketersediaan vaksin di seluruh dunia, mengingatkan sebagian anak bangsa akan seruan Bung Karno untuk mengeratkan solidaritas dunia ketiga pada zamannya.



Pada saat itu, Bung Karno bahkan berhasil menggalang negara-negara dunia ketiga yang disebutnya sebagai 'emerging forces' untuk bertemu dalam konferensi akbar di Bandung, yakni Konferensi Asia-Afrika.

"Indonesia di bawah Bung Karno saat itu bisa menggalang solidaritas kelompok negara-negara New Emerging Forces (Nefo) yakni negara-negara progresif revolusioner, yang melawan Oldefo (Old Established Forces) atau negara-negara kapitalis yang sejatinya neokolonialis dan imperialis (Nekolim)," kata Miartiko.

Dalam kaitannya dengan kekinian, ia berharap seruan Puan Maharani bisa memantik solidaritas negara-negara di dunia untuk saling peduli dan saling tolong dalam upaya memerangi pandemi Covid-19 yang terus menggila ini.

Pasalnya, kata Miartiko sembari membenarkan pernyataan Puan, tidak mungkin pandemi Covid-19 bisa dikalahkan tanpa usaha bersama dan gotong royong di antara negara-negara di dunia.

"Covid hanya bisa dikalahkan dengan kebersamaan dan saling bantu. Sebab, kalau pun satu negara bisa bebas Covid, selama ada negara di dunia yang masih belum terbebas dari Covid karena ketiadaan vaksin, maka virus corona baru akan terus ada, terus bermutasi dan semakin sukar kita taklukan," ucap Miartiko.

Untuk itu, Miartiko sepenuhnya setuju dengan Puan yang menegaskan pilihan satu-satunya bagi negara-negara di dunia, tak lain dan tak bukan kecuali bersatu. Miartiko menunjuk titik penting yang ditunjukkan Puan dalam seruannya di depan sidang IPU, yakni saling membantu dalam penyediaan vaksin Covid-19.

"Sebagaimana dikatakan Ibu Puan, dunia memang tengah berada dalam situasi genting terkait tidak meratanya ketersediaan vaksin di antara bangsa-bangsa di dunia. Kalau pun vaksinasi di satu negara kelar, manakala masih ada negara yang tak bisa menuntaskan vaksinasi massal karena tak adanya pasokan, maka dunia tetap berada dalam bahaya karena peluang terjadinya herd immunity tidak akan terbangun," ungkapnya.

Karena itulah, Miartiko menyatakan apresiasi mendalam atas keberanian Puan menjadi inisiator penggalangan kekuatan negara-negara, dalam sebuah forum terkemuka seperti sidang ke-142 IPU. "Kita harus bangga, karena seruan untuk persatuan dunia itu datang dari wakil kita di Parlemen," ujar Miartiko.

Sebagaimana beredar luas dalamn berita media massa, Ketua DPR RI Puan Maharani menyerukan terjalinnya solidaritas dunia dalam memerangi pandemi Covid-19 secara bersama. Seruan keprihatinan Puan tersebut didasarkan pada tidak meratanya ketersediaan vaksin di antara negara-negara di dunia, karena ketersediaan dan daya beli masing-masing negara.

Sebagai seruan untuk langkah konkret, Puan menyerukan agar negara surplus persediaan vaksin membagi stok vaksin yang dimilikinya dengan negara lain. Selain itu Puan juga menyatakan seruan untuk terjadinya transfer teknologi pembuatan vaksin dari negara maju kepada pusat-pusat produksi vaksin di negara berkembang, yang diiringi penghapusan larangan ekspor untuk bahan-bahan dasar pembuat vaksin.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)