Indonesia Salurkan Bantuan USD1,5 Juta untuk Palestina

Rabu, 19 Mei 2021 - 07:23 WIB
loading...
Indonesia Salurkan Bantuan USD1,5 Juta untuk Palestina
Kemenlu mengungkap sejumlah upaya yang telah dilalukan dalam membantu tragedi kemanusiaan yang terjadi dan juga penanganan pandemi COVID-19 di Palestina. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengungkap sejumlah upaya yang telah dilalukan dalam membantu tragedi kemanusiaan yang terjadi dan juga penanganan pandemi COVID-19 di Palestina . Hal ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR dengan Kemenlu terkait diplomasi vaksin COVID-19 dan upaya diplomasi untuk membantu Palestina, Selasa (18/5/2021).

Direktur Jenderal (Dirjen) Kerja Sama Multilateral Kemenlu, Febrian Alphyanto Ruddyard memaparkan berbagai upaya diplomasi yang telah ditempuh Indonesia terkait isu Palestina. Pemerintah juga telah menyampaikan kecaman terhadap aksi kekerasan yang dilakukan Israel, termasuk penghancuran secara ilegal pemukiman di Syekh Jarrah, tepi Barat Palestina baru-baru ini.

"Pada tataran bilateral, Indonesia telah melakukan pendekatan kepada negara-negara untuk mengupayakan penghentian kekerasan. Indonesia terus berikan tekanan kepada Israel melalui berbagai forum dunia, baik PBB, OKI maupun dengan like-minded countries," kata Febrian dalam RDP di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Terkait bantuan Indonesia untuk Palestina, Febrian mengungkap telah disalurkan bantuan baik melalui program bantuan maupun pembangunan kapasitas pemerintah dan rakyat Palestina.

Sejumlah bantuan yang telah diberikan diantaranya, bantuan USD1 juta untuk dukungan operasional penanganan COVID-19 dan kemanusiaan melalui Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat atau UNRWA pada 2020, bantuan kemanusiaan sebesar USD500 ribu melalui Komite Internasional Palang Merah atau ICRC, dan bantuan serupa yang sudah disalurkan sejak 2019 lalu.

Dalam RDP tersebut, diketahui bahwa Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi juga dijadwalkan akan bertolak ke Markas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (18/5/2021) malam.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)