Mengenal Bang Onim, Aktivis Kemanusiaan Asal Maluku di Palestina

Selasa, 18 Mei 2021 - 10:47 WIB
loading...
A A A
“Mencekam, ke lokasi pasca dijatuhkan rudal ke gedung di kota Gaza. Semoga tak ada korban. Ini realita, bukan meme, bukan prank, bukan konten grebek bukan juga kejar viewers," cuit Bang Onim di twitternya.

“Teman-teman saat ini saya sedang berada di Gaza City, berdekatan dengan Rumah Sakit Asyifa, dua rudal dijatuhkan oleh pihak Israel dan semoga tidak ada korban di sini,” kata Bang Onim melaporkan dengan jaket merah bertuliskan Indonesia di bagian punggung.

Di twitternya, dia seringkali mengajak masyarakat Indonesia mendoakan terus warga Palestina. Pada 2019 lalu, Pemerintah Palestina memberikan penghargaan kepada Bang Onim. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Kebudayaan Palestina, Dr Anwar Bar’awy pada saat perayaan HUT ke-74 RI di Taman Bisan, Bait Lahiyah, Gaza Utara, Sabtu 17 Agustus 2019 silam.

Bang Onim pun mengungkapkan sesungguhnya yang lebih berhak mendapatkan penghargaan ini adalah masyarakat Indonesia, bukan dirinya. Sebab kehadirannya di Palestina, semata-mata hanya berharap keridhaan Allah.

"Sesungguhnya yang lebih berhak menerima piagam ini adalah masyarakat Indonesia, Pemerintah Indonesia, dan seluruh NGO di Tanah Air. Masyarakat Indonesialah yang lebih berhak menerima penghargaan ini, sebab kehadiran saya di Palestina semata-mata hanya berharap keridhaan Allah dan atas dukungan mereka, maka akivitas saya membantu rakyat Palestina berjalan dengan lancar hingga hari ini, ” kata dia dikutip dari laman npc.or.id.

Nama Bang Onim pun banyak dikenal. Mantan Wakil Ketua DPR yang kini menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah pun mengetahuinya. “Dear @TwitterID, Mohon beri centrang biru kepada #BangOnim @Abdillahonim. Seorang anak bangsa Indonesia yang sedang perjuang membantu rakyat sipil di gaza khususnya dan palestina umumnya,” cuit Fahri Hamzah di Twitternya, @Fahrihamzah, 15 Mei 2021.

Fahri Hamzah juga mengucapkan terima kasih kepada bang Onim yang disebutnya menjadi duta bangsa Indonesia di Palestina.

"Terima kasih #BangOnim yang telah menjadi duta bangsa Indonesia di Palestina. Saya mohon agar pemerintah kita memberikan perlindungan diplomatik kepada beliau. Ini hari-hari penting, hari-hari berat. Please Follow
@Abdillahonim," cuit Fahri.
.
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)