Mengenal Bang Onim, Aktivis Kemanusiaan Asal Maluku di Palestina

Selasa, 18 Mei 2021 - 10:47 WIB
loading...
Mengenal Bang Onim, Aktivis Kemanusiaan Asal Maluku di Palestina
Abdullah Onim atau Bang Onim saat memberikan kabar mengenai kondisi Palestina yang dibombardir militer Israel. Foto/tangkapan layar Twitter Bang Onim
A A A
JAKARTA - Serangan militer Israel ke Palestina menyita perhatian negara di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Konflik Israel-Palestina telah menimbulkan banyak korban jiwa, khususnya dari Palestina, termasuk anak-anak dan perempuan.

Publik Indonesia memberikan perhatian besar terhadap peristiwa tersebut. Ada sosok dari Indonesia yang selama ini dikenal konsisten secara langsung ikut memperjuangkan nasib warga Palestina.

Sosok itu adalah Abdillah Onim, aktivis solidaritas Palestina asal Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara yang sudah lama berada di Jalur Gaza.

Sejak tahun 2009 hingga kini, semua aktivitasnya di Gaza murni atas nama kemanusiaan, yang selalu mengedepankan nama besar Indonesia.

Pria yang dikenal dengan panggilan Bang Onim ini pun mendirikan Nusantara Palestina Center (NPC), lembaga yang aktif menyalurkan bantuan masyarakat Indonesia ke warga Palestina.

Dia tercatat sebagai Pembina NPC. Adapun bantuan yang disalurkan pun sangat beragam, seperti makanan, obat-obatan, dan ambulans. Dia juga merupakan penggagas program OTA Yatim Palestina, pendiri sekolah gratis TK Nurani Indonesia di Gaza, pendiri kantor berita Suara Palestina di Gaza dan bermitra dengan lebih dari 50 NGO Indonesia dan NGO Internasional.

Bang Onim pun aktif mengabarkan kondisi terkini Palestina melalui sejumlah media sosialnya, facebook, twitter @Abdillahonim, Instagram @bangonim, serta Youtube AbdillahOnimDaily atau bangonimchannel.

Saking update-nya, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi pun pernah menghubungi Bang Onim untuk mengetahui kondisi terkini Gaza.

“Baru saja Ibu Retni Marsudi Menlu RI hubungi Bang Onim untuk mendapat info terkini di Gaza. Juga bertanya kabar WNI di Gaza. (sudah saya sampaikan tentang penderitaan anak-anak Gaza). Semoga Allah selalu lindungi anak Gaza! #indonesia satu hati untuk Palestina. #inidiplomasi kemanusiaan,” cuit Abdillah Onim di lini masa akun Twitternya, @Abdillahonim pada 14 Mei 2021.

Bahkan, Bang Onim pernah diwawancara salah satu televisi berita swasta nasional mengabarkan suasana mencekam Idul Fitri di Gaza beberapa hari lalu. Pada 15 Mei 2021, Bang Onim pun melaporkan kondisi terkini pasca rudal Israel menghantam Gaja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3064 seconds (0.1#10.140)