Mengenal Bang Onim, Aktivis Kemanusiaan Asal Maluku di Palestina

loading...
Mengenal Bang Onim, Aktivis Kemanusiaan Asal Maluku di Palestina
Abdullah Onim atau Bang Onim saat memberikan kabar mengenai kondisi Palestina yang dibombardir militer Israel. Foto/tangkapan layar Twitter Bang Onim
JAKARTA - Serangan militer Israel ke Palestina menyita perhatian negara di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Konflik Israel-Palestina telah menimbulkan banyak korban jiwa, khususnya dari Palestina, termasuk anak-anak dan perempuan.

Publik Indonesia memberikan perhatian besar terhadap peristiwa tersebut. Ada sosok dari Indonesia yang selama ini dikenal konsisten secara langsung ikut memperjuangkan nasib warga Palestina.

Sosok itu adalah Abdillah Onim, aktivis solidaritas Palestina asal Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara yang sudah lama berada di Jalur Gaza.

Sejak tahun 2009 hingga kini, semua aktivitasnya di Gaza murni atas nama kemanusiaan, yang selalu mengedepankan nama besar Indonesia.



Pria yang dikenal dengan panggilan Bang Onim ini pun mendirikan Nusantara Palestina Center (NPC), lembaga yang aktif menyalurkan bantuan masyarakat Indonesia ke warga Palestina.

Dia tercatat sebagai Pembina NPC. Adapun bantuan yang disalurkan pun sangat beragam, seperti makanan, obat-obatan, dan ambulans. Dia juga merupakan penggagas program OTA Yatim Palestina, pendiri sekolah gratis TK Nurani Indonesia di Gaza, pendiri kantor berita Suara Palestina di Gaza dan bermitra dengan lebih dari 50 NGO Indonesia dan NGO Internasional.

Bang Onim pun aktif mengabarkan kondisi terkini Palestina melalui sejumlah media sosialnya, facebook, twitter @Abdillahonim, Instagram @bangonim, serta Youtube AbdillahOnimDaily atau bangonimchannel.

Saking update-nya, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi pun pernah menghubungi Bang Onim untuk mengetahui kondisi terkini Gaza.

“Baru saja Ibu Retni Marsudi Menlu RI hubungi Bang Onim untuk mendapat info terkini di Gaza. Juga bertanya kabar WNI di Gaza. (sudah saya sampaikan tentang penderitaan anak-anak Gaza). Semoga Allah selalu lindungi anak Gaza! #indonesia satu hati untuk Palestina. #inidiplomasi kemanusiaan,” cuit Abdillah Onim di lini masa akun Twitternya, @Abdillahonim pada 14 Mei 2021.Baca juga: Perang Hari Ke-9: 212 Warga Palestina Tewas, Israel Dicap Penjahat Perang

Bahkan, Bang Onim pernah diwawancara salah satu televisi berita swasta nasional mengabarkan suasana mencekam Idul Fitri di Gaza beberapa hari lalu. Pada 15 Mei 2021, Bang Onim pun melaporkan kondisi terkini pasca rudal Israel menghantam Gaja.



“Mencekam, ke lokasi pasca dijatuhkan rudal ke gedung di kota Gaza. Semoga tak ada korban. Ini realita, bukan meme, bukan prank, bukan konten grebek bukan juga kejar viewers," cuit Bang Onim di twitternya.

“Teman-teman saat ini saya sedang berada di Gaza City, berdekatan dengan Rumah Sakit Asyifa, dua rudal dijatuhkan oleh pihak Israel dan semoga tidak ada korban di sini,” kata Bang Onim melaporkan dengan jaket merah bertuliskan Indonesia di bagian punggung.

Di twitternya, dia seringkali mengajak masyarakat Indonesia mendoakan terus warga Palestina. Pada 2019 lalu, Pemerintah Palestina memberikan penghargaan kepada Bang Onim. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Kebudayaan Palestina, Dr Anwar Bar’awy pada saat perayaan HUT ke-74 RI di Taman Bisan, Bait Lahiyah, Gaza Utara, Sabtu 17 Agustus 2019 silam.Baca juga: Turki Usulkan Pasukan Internasional Lindungi Rakyat Palestina

Bang Onim pun mengungkapkan sesungguhnya yang lebih berhak mendapatkan penghargaan ini adalah masyarakat Indonesia, bukan dirinya. Sebab kehadirannya di Palestina, semata-mata hanya berharap keridhaan Allah.

"Sesungguhnya yang lebih berhak menerima piagam ini adalah masyarakat Indonesia, Pemerintah Indonesia, dan seluruh NGO di Tanah Air. Masyarakat Indonesialah yang lebih berhak menerima penghargaan ini, sebab kehadiran saya di Palestina semata-mata hanya berharap keridhaan Allah dan atas dukungan mereka, maka akivitas saya membantu rakyat Palestina berjalan dengan lancar hingga hari ini, ” kata dia dikutip dari laman npc.or.id.

Nama Bang Onim pun banyak dikenal. Mantan Wakil Ketua DPR yang kini menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah pun mengetahuinya. “Dear @TwitterID, Mohon beri centrang biru kepada #BangOnim @Abdillahonim. Seorang anak bangsa Indonesia yang sedang perjuang membantu rakyat sipil di gaza khususnya dan palestina umumnya,” cuit Fahri Hamzah di Twitternya, @Fahrihamzah, 15 Mei 2021.

Fahri Hamzah juga mengucapkan terima kasih kepada bang Onim yang disebutnya menjadi duta bangsa Indonesia di Palestina.

"Terima kasih #BangOnim yang telah menjadi duta bangsa Indonesia di Palestina. Saya mohon agar pemerintah kita memberikan perlindungan diplomatik kepada beliau. Ini hari-hari penting, hari-hari berat. Please Follow
@Abdillahonim," cuit Fahri.
.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top