Pelaksanaan Larangan Mudik Lebaran 2021, Petugas Terkait Dinilai Berhasil

Senin, 17 Mei 2021 - 20:57 WIB
loading...
A A A
"Apalagi dari sisi pemudik yang kecewa karena diminta putar balik pun banyak yang iseng meledek petugas, yang bisa saja memantik persoalan yang lebih serius," tutur Khairul.

Sementara yang kedua, sukar untuk dinafikan bahwa hanya dengan kerja keras dan disiplin tinggi dari petugas yang bersiaga penuh selama 24 jam, maka Larangan Mudik Lebaran 2021 tersebut bisa berjalan sukses.

"Tidak bisa diingkari, Larangan Mudik Lebaran 2021 telah berjalan sukses. Bagaimana tidak, bila dari prediksi potensial jumlah pemudik yang tahun ini diperkirakan akan berjumlah 18,6 juta orang, yang berhasil mudik hanya sekitar 1,5 juta orang. Artinya, koordinasi para aparat terkait sudah bisa menekan sekitar 92 persen potensi para pemudik untuk pulang ke kampung halaman masing-masing," jelas Khairul.

Yang tidak boleh dilupakan, kata Khairul, sukses tersebut tetap diraih para petugas yang dimotori Polri, tanpa melupakan sisi-sisi humanis yang terbukti bisa meredam kemungkinan terjadinya huru-hara di lapangan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, survei Kementerian Perhubungan menyatakan potensi pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 18,6 juta orang; tumbuh sekitar 2,44 persen dari mudik Lebaran tahun lalu. Angka tersebut tentu saja menjadi tantangan berat bagi para petugas di lapangan.

Ada pun keberhasilan operasi penyekatan dalam rangka Larangan Mudik Lebaran 2021 sebelumnya telah dinyatakan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen (Pol) Istiono. Menurut Istiono, berdasarkan evaluasi jajarannya, volume kendaraan mudik menurun drastis dari hari-hari normal.

Sabtu (15/5) lalu, atau dua hari setelah Lebaran, Istiono menyampaikan bahwa volume arus mudik menuju Jawa turun lebih kurang 74 persen, yang menuju Jawa Barat turun 100 persen, dan menuju Merak turun 45 persen.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menyatakan, selama Operasi Ketupat 2021 dimulai hingga 17 Mei ini Polisi yang didukung TNI, Kemenhub, Satpol PP telah memutarbalikkan 480.774 kendaraan yang terindikasi melakukan perjalanan mudik. Selain itu, polisi juga langsung menindak 835 kendaraan travel gelap yang mengangkut penumpang.

"Disamping itu dalam Operasi Ketupat 2021 petugas telah membagikan 58.242 masker serta melakukan random swab antigen kepada 31.421 orang," ungkapnya

Istiono juga mengatakan, berdasarkan data terakhir yang diterima dari Kementerian Perhubungan, hanya 1,5 juta orang yang tetap memaksakan diri keluar wilayah Jabodetabek. Karena itu Istiono berpendapat, sosialisasi peniadaan mudik saat operasi keselamatan pada 24 April-5 Mei berjalan dengan sangat efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)