Pelaksanaan Larangan Mudik Lebaran 2021, Petugas Terkait Dinilai Berhasil

Senin, 17 Mei 2021 - 20:57 WIB
Pelaksanaan Larangan Mudik Lebaran 2021, Petugas Terkait Dinilai Berhasil
Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Istiono. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Keteguhan, keuletan dan kesabaran aparat penegak larangan mudik Lebaran tahun ini memicu rasa simpati kalangan milenial. Aparat penegak larangan mudik Lebaran 2021, yang terdiri dari personel Polri, TNI, Kemenhub, Dishub dan Satpol PP setiap daerah diakui sukses membatasi jumlah pemudik dengan cara yang humanis dan penuh sopan santun.

Baca juga: Menaker Ida Senang Bawahannya Tak Mudik Lebaran

"Bayangkan, betapa sulitnya tantangan yang dihadapi aparat di lapangan," kata Koordinator Nasional Milenial Muslim Bersatu (MMB), Khairul Anam, Senin (17/5/2021).

MMB adalah organisasi kalangan milenial yang pertama kali menyatakan simpati terhadap cara kerja dan keberhasilan aparat pelaksana Larangan Mudik Lebaran 2021. Menurut Khairul, di lapangan para petugas berhadapan langsung dengan para pemudik yang secara psikologis sudah dibelenggu rasa rindu untuk pulang kampung dan bertemu sanak keluarga mereka.



Baca juga: 338 Pemudik di Rest Area Dites Antigen, 2 Positif COVID-19

Ditambah rasa penat selama perjalanan, serta kekecewaan manusiawi manakala mereka diminta putar balik kembali ke awal perjalanan, wajar bila tak jarang para pemudik marah dan kecewa.

"Saya sempat ikut berada di titik penyekatan, dan bukan satu dua pemudik yang marah karena mereka diminta putar balik. Ada yang hanya ngedumel, namun banyak juga yang marah-marah, membentak petugas dan menghina mereka," ucap Khairul.

Baca juga: Jelang Bebas dari Larangan Mudik, Lalu Lintas di Gerbang Tol Palimanan Mulai Meningkat

Dia mengatakan, selama berada di titik penyekatan tersebut, beberapa pemudik bahkan mencoba melawan dan memaksa hendak menerobos portal penyekatan. Untunglah hal tersebut bisa diatasi petugas.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2224 seconds (11.252#12.26)