Jadi King Maker di Pilpres 2024, Jokowi Diyakini Tetap Satu Frame dengan PDIP

Selasa, 11 Mei 2021 - 13:35 WIB
loading...
Jadi King Maker di Pilpres 2024, Jokowi Diyakini Tetap Satu Frame dengan PDIP
Direktur Eksekutif IPI, Karyono Wibowo menilai kecenderungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi King Maker pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 cukup kuat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai kecenderungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi King Maker pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 cukup kuat. Peran Jokowi sebagai King Maker pada Pilpres yang akan datang tidak bisa dipandang remeh.

"Meskipun bukan ketua umum partai tapi dia masih pegang kendali pemerintahan. Selain itu, pengaruh Jokowi masih cukup besar. Namun, kuatnya pengaruh Jokowi akan ditentukan oleh sejauh mana keberhasilannya di periode kedua ini," ujar Karyono saat dihubungi, Selasa (11/5/2021). Baca juga: Duet Prabowo-Puan Lebih Prospek Galang Koalisi di Pilpres 2024

Dengan demikian, lanjut Karyono, pengaruh Jokowi berbanding lurus dengan kinerjanya. Jika Jokowi berhasil mewujudkan agenda pembangunan di segala bidang maka pengaruhnya di masyarakat semakin besar. Demikian pula sebaliknya, jika performa dan kinerja Jokowi menurun maka pengaruhnya akan menurun.

"Posisi Jokowi sebagai pemegang kendali kekuasaan pemerintahan dan pengaruhnya di masyarakat bisa menjadi modal sebagai King Maker pada perhelatan Pilpres 2024," jelas dia.

Pertanyaannya kemudian siapa yang akan didukung Jokowi pada Pilpres 2024 nanti. Menurut Karyono, meskipun masih memiliki pengaruh yang cukup besar, Jokowi tetap akan berusaha untuk berada dalam satu frame politik PDIP. Karena bagaimanapun, Jokowi adalah kader PDIP.

"Jika ada perbedaan kepentingan dan pandangan soal pasangan capres, menurut saya persoalan tersebut akan diselesaikan dengan cara musyawarah," tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4128 seconds (0.1#10.140)