Pertemuan Anies Baswedan-AHY Dinilai Jadi Penjajakan Awal

loading...
Pertemuan Anies Baswedan-AHY Dinilai Jadi Penjajakan Awal
Pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dinilai sebagai penjajakan awal. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai penjajakan awal. Keduanya dinilai sedang mencari kecocokan satu sama lain dalam silaturahmi politik itu.

Baca juga: Elektabilitas Moncer, Anies Menggiurkan Dipasangkan dengan AHY

"Silaturahmi politik. Penjajakan awal dan cari kecocokan satu sama lain. Apakah akan berduet. Bisa iya dan bisa juga tidak," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Jumat (7/5/2021).

Karena, kata dia, Anies Baswedan-AHY membutuh partai-partai pendukung jika berduet. Kemudian, dia mengingatkan bahwa Anies Baswedan tidak punya partai saat ini.

"Demokrat punya 7,77% kursi di parlemen. Kurang lebih butuh 13% lagi untuk bisa nembus persyaratan 20% PT (Presidential Threshold, red). Mereka mungkin bicara banyak kemungkinan dan banyak skenario," tutur Ujang.

Baca juga: Anies Ulang Tahun ke-52, Netizen: Yaumul Milad Pak Gubernur Indonesia, Sehat Selalu



Ujang menambahkan, yang paling penting bagi Anies Baswedan-AHY adalah menaikkan popularitas dan elektabilitas agar tinggi. "Jika sudah tinggi popularitas dan elektabilitasnya tinggi, maka partai-partai akan datang meminang," ungkapnya.

Sehingga, menurut dia, apakah Anies Baswedan-AHY akan berduet atau tidak, itu tergantung dari dinamika politik yang terjadi ke depan. "Di politik semua serba mungkin. Mungkin iya dan mungkin juga tidak," pungkasnya.

Diketahui, AHY menyambangi Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 6 Mei 2021 sore.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top