Elektabilitas Moncer, Anies Menggiurkan Dipasangkan dengan AHY

Jum'at, 07 Mei 2021 - 14:13 WIB
loading...
Elektabilitas Moncer, Anies Menggiurkan Dipasangkan dengan AHY
Direktur Eksekutif SUDRA, Fadhli Harahab menilai pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merupakan bagian dari strategi menuju Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA), Fadhli Harahab menilai pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merupakan bagian dari strategi menuju Pilpres 2024 .

Fadhli mengatakan sulit untuk tidak mengaitkan pertemuan tersebut dengan momentum Pilpres 2024, sementara kedua tokoh ini kerap terjaring lembaga survei nasional sebagai bursa capres.

"Saya kira sulit untuk tidak mengaitkannya dengan 2024, meskipun kedua tokoh ini membantah berbicara soal itu. Tetapi gimik mereka sudah dipersepsikan sebagai pasangan calon yang secara propabilitas bisa saja meramaikan Pilpres mendatang," ujar Fadhli saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Analis politik UIN Jakarta itu menduga kunjungan AHY ke Balai Kota DKI Jakarta merupakan pesan bagi elite partai lainnya bahwa Partai Demokrat akan merangkul Anies sebagai kandidat di Pilpres nanti.

"Bisa jadi Demokrat berkeinginan merangkul Anies berpasangan dengan AHY, karena faktor elektabilitas Anies yang cukup tinggi. Dengan begitu Demokrat berusaha membentuk poros, caranya menggandeng parpol lain yang tentunya sepakat membentuk koalisi Anies-AHY," terangnya.

Terlebih, lanjut Fadhli, Anies sendiri belum menyatakan sikap bergabung dengan parpol tertentu. Sikap inilah yang kemudian membuat parpol berkeinginan menggaet Anies, tak terkecuali Demokrat.

"Saya kira parpol selain Demokrat juga punya keinginan untuk menggaet Anies jika elektabilitasnya terus meningkat. Yang masih samar-samar terlihat ya Nasdem, PPP dan PKS," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)