Isu Bergabungnya Seorang Prajurit TNI AD ke KKB Papua Hoaks

loading...
Isu Bergabungnya Seorang Prajurit TNI AD ke KKB Papua Hoaks
Menurut sumber, kabar Prada AO bergabung ke KKB Papua adalah tidak benar. Foto/Satgas Nemangkawi
JAKARTA - Salah satu prajurit TNI berinisial Prada AO dikabarkan berupaya kabur meninggalkan kesatuannya di Yonif 323 Raider yang bermarkas di Kota Banjar, Jawa Barat. Dia diduga hendak bergabung dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Baca juga: Soal KKB Papua, GMNI Tegaskan Separatisme Bertentangan dengan Kemanusiaan

Berdasarkan informasi yang dihimpun MNC Portal Indonesia, Prada AO merupakan prajurit yang berasal dari Sorong, Papua Barat. Dia meninggalkan kesatuannya pada Minggu (2/5/2021). Pihak kesatuannya telah meminta jajaran terkait untuk memonitor rute penerbangan yang mengarah ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: KKB Ditetapkan sebagai Teroris, Akan Efektifkah Penanganan Kekerasan di Papua?



"Melarikan diri tadi habis maghrib, monitor penerbangan rute Makasar, tolong disebar ke anggota Pom AU Bandara Husein (Lanie Husein Sastranegara Bandung) indikasi yang bersangkutan mau bergabung ke KKB," tulis pesan berantai yang diterima MNC Portal Indonesia.

MNC Portal telah mencoba mengkonfirmasi kabar tersebut kepada sumber yang ada di Divisi Infanteri/1 Kostrad. Menurut sumber tersebut, kabar Prada AO bergabung ke KKB adalah tidak benar.

"Untuk dia mau gabung KKB itu enggak betul," kata sumber tersebut kepada MNC Media, Minggu (2/5/2021).
Baca juga: Ini 10 Kekerasan yang Dilakukan KKB Papua Versi KSP

Lebih jauh dia memaparkan, Prada AO sudah kembali ditemukan saat sedang berada di Bandung. Dia menjelaskan, yang bersangkutan telah kembali ke kesatuannya.

"Sekarang sudah kembali di satuannya. Mohon untuk tidak meneruskan pesan ini dan agar tidak memberikan kesimpulan yang tidak mendasar," ujarnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top