Zulhas Berharap PAN-Muhammadiyah Terus Lekat, Pengamat Ingatkan Pengaruh Pendiri Partai Ummat

Sabtu, 01 Mei 2021 - 13:28 WIB
loading...
Zulhas Berharap PAN-Muhammadiyah Terus Lekat, Pengamat Ingatkan Pengaruh Pendiri Partai Ummat
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Saat bertemu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut PAN selalu berjalan beriringan dengan Muhammadiyah . Zulhas berharap dengan silaturahim semacam ini, PAN dan Muhammadiyah akan terus lekat.

Menurut pengamat politik Dedi Kurnia Syah, Zulhas nampaknya tidak rela ceruk pemilih Muhammadiyah ke PAN berkurang dengan kehadiran Partai Ummat . Dedi yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) ini berpendapat bahwa bagaimanapun, Partai Ummat yang didirikan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah M Amien Rais memiliki kedekatan dengan kader Muhammadiyah.



"Dan PAN jelas akan berupaya agar ceruk pemilih Muhammadiyah lebih besar ke PAN," kata Dedi kepada SINDOnews, Sabtu (1/5/2021).

Dedi pun menilai kekhawatiran Zulkifli Hasan soal berkurangnya loyalis PAN masuk akal. "Mengingat Amien Rais juga miliki pengaruh tidak saja di Muhammadiyah, tetapi ke PAN," pungkasnya.



Diketahui, Amien Rais mendirikan PAN pada 1998. Pada Kamis 29 April 2021, Amien yang mengaku dikeluarkan dari PAN, mendeklarasikan Partai Ummat. Partai itu dipimpin menantunya, Ridho Rahmadi.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)