KSPI Minta Aksi Buruh dan Mahasiswa Peringati May Day Tidak Dilarang

Sabtu, 01 Mei 2021 - 01:35 WIB
loading...
KSPI Minta Aksi Buruh dan Mahasiswa Peringati May Day Tidak Dilarang
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta unjuk rasa buruh dan elemen mahasiswa saat peringatan Hari Buruh atau May Day tidak dilarang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta unjuk rasa buruh dan elemen mahasiswa saat peringatan Hari Buruh atau May Day tidak dilarang.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi ini melibatkan 50.000 buruh, yang tersebar di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota dan di 3.000 pabrik. "Untuk di tingkat nasional, aksi akan dipusatkan di Istana dan Gedung Mahkamah Konsultasi. Tentu kita akan mengikuti arahan aparat keamanan dan Satgas Covid-19 untuk mengikuti standar kesehatan pencegahan Covid. Peserta aksi akan melakukan rapid antigen, memakai masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak," kata Said Iqbal di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Sedangkan di daerah, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres dan Satgas Covid-19 di daerah setempat. Said Iqbal meminta agar tidak ada larangan terhadap massa buruh yang hendak melakukan aksi May Day.

Adapun tuntutan yang akan disuarakan kaum buruh dalam May Day ada dua. Pertama, cabut atau batalkan omnibus law UU Cipta Kerja. Di mana buruh meminta Hakim Mahkamah Konstitusi memenangkan uji formil dan uji materiil yang diajukan buruh. Isu kedua, berlakukan UMSK 2021.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)