Gelar TOT Guru Kader, Kaderisasi di PDIP Terus Dibenahi

Senin, 26 April 2021 - 21:13 WIB
loading...
Gelar TOT Guru Kader, Kaderisasi di PDIP Terus Dibenahi
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan bagi PDIP, tata kelola dan kaderisasi partai dengan peran para guru kader sebagai pendidik menjadi sangat penting. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Karena menjadi kunci regenerasi dan pembaruan sesuai dengan sejarah, spirit, dan jati diri partai, DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) terus melakukan pembenahan kaderisasi . Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan bagi PDIP, tata kelola dan kaderisasi partai dengan peran para guru kader sebagai pendidik menjadi sangat penting.

"Program Training of Trainer Guru Kader Tingkat Nasional Tahun 2021 merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis untuk menyegarkan kembali materi-materi kaderisasi pada setiap kaderisasi tingkat pratama dan madya di daerah-daerah seluruh Indonesia," ujar Hasto saat memberikan materi Training of Trainer (TOT) Guru Kader Tingkat Nasional Tahun 2021 secara daring di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu 24 April 2021 hingga Minggu 25 April 2021.

Ideologi partai dan pendidikan kader, kata dia, merupakan satu tarikan napas dalam penguatan sebagai partai ideologis. Menurut dia, kaderisasi bagi PDIP penting sehingga di berbagai daerah terus digiatkan pembangunan kantor partai yang di dalamnya memberi ruang untuk kebudayaan.

"DPP akan terus membangun kantor sehingga partai benar-benar hadir di tengah masyarakat dan menjadi tempat untuk menggembleng kader partai," kata Hasto.

Dalam kesempatan itu, Hasto menyinggung sejarah partai dari era PNI sampai menjadi PDIP. Selain itu, menceritakan bagaimana setelah sekian tahu badiklat baru berfungsi melakukan kaderisasi guru kader selama 10 hari pada tahun 2002.

"Bung Karno mengatakan bahwa kader partai harus berusaha menjadi otot partai, biji mata partai, dan otak partai. Semoga kami bisa mewujudkan ajaran Bung Karno di tengah situasi pandemi ini. Pendidikan guru kader ini diharapkan akan melahirkan kader-kader baru di daerah masing-masing," kata Hasto.

Selain Hasto, Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saeful Hidayat, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah juga mengisi materi. Sementara Kepala Badiklat Pusat PDIP Daryatmo Mardiyanto juga ikut memberikan pengarahan, di sela-sela waktu yang tersisa selama TOT berlangsung.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saeful Hidayat menambahkan bahwa TOT ini juga bertujuan untuk memperkuat karakter, budi pekerti, integritas, loyalitas, dan dedikasi para guru kader.

"Kegiatan TOT Guru Kader Tingkat Nasional Tahun 2021 dilaksanakan dengan mengikuti standar protokol kesehatan COVID-19 yang diselenggarakan secara daring dan tatap muka dengan peserta yang direkomendasi oleh DPD PDIP," kata Djarot.

Djarot menjelaskan peserta daring (online) sebanyak 155 orang, sedangkan peserta tatap muka (offline) sebanyak 35 orang. Dengan demikian, total peserta TOT Guru Kader Tingkat Nasional Tahun 2021 sebanyak 190 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)