Kabinda Gugur, DPR Ingatkan Situasi di Papua Jangan Dianggap Biasa-biasa

Senin, 26 April 2021 - 13:29 WIB
loading...
Kabinda Gugur, DPR Ingatkan Situasi di Papua Jangan Dianggap Biasa-biasa
Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani menyampaikan turut berduka cita atas gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani menyampaikan turut berduka cita atas gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha akibat ditembak oleh KKB di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Kabinda I Gusti Putu gugur saat bertugas.



Menurutnya, kasus ini menjadi peringatan serius bagi Pemerintah bahwa situasi di Papua beberapa hari belakangan tidak bisa dianggap biasa-biasa saja. Eskalasi kekerasan yang makin meningkat dengan jatuhnya korban masyarakat sipil maupun aparat dan pejabat harus menjadi alarm serius untuk memberi tanggapan dan intervensi yang terukur.

"Menko Polhukam dalam hal ini perlu mengambil langkah cermat dan terukur untuk segera merespons situasi dan kondisi yang ada," tutur politikus Partai Golkar itu.

Lebih lanjut Christina mengatakan, langkah TNI dalam penugasan di Papua tentu perlu didukung dengan tingkat kewaspadaan sangat tinggi. Hal itu perlu dilakukan karena tidak menginginkan lebih banyak korban berjatuhan ke depannya, baik dari masyarakat sipil maupun aparat kita.

"Komisi I memandang perlu untuk segera menggelar rapat terbatas dengan mitra terkait untuk melakukan evaluasi menyangkut langkah-langkah pengamanan yang selama ini dilakukan di Papua agar masalah ini tidak berlarut-larut dan guna mencegah jatuhnya lebih banyak korban," kata Christina.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)