Legislator Usulkan Beasiswa bagi Anak Prajurit KRI Nanggala 402

Senin, 26 April 2021 - 06:04 WIB
loading...
Legislator Usulkan Beasiswa bagi Anak Prajurit KRI Nanggala 402
Anggota Komisi 1 DPR Hasbi Anshory mengusulkan pemberian beasiswa bagi anak prajurit KRI Nanggala 402. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tenggelamnya KRI Nanggala 402 beserta 53 orang awak kapal yang ikut gugur, menyisakan kesedihan dan keprihatinan yang mendalam bagi keluarga Ksatria Hiu Kencana dan juga segenap bangsa Indonesia. Begitu juga dengan Komisi I DPR.

"Dengan kesedihan dan keprihatinan yang mendalam. Menyampaikan belasungkawa pada Ksatria Hiu Kencana yang gugur di saat menunaikan tugas latihan. Semoga arwah para pahlawan Bangsa mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya," kata Anggota Komisi I DPR Hasbi Anshory kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Hasbi pun mengusulkan sejumlah pokok pemikiran menyikapi tragedi ini. Pertama, memberikan beasiswa bagi anak-anak prajurit yang telah gugur hingga jenjang Strata 1. Serta, memberikan santunan bagi istri prajurit yang telah ditinggalkan.

Baca juga: Kunjungi Rumah Duka KRI Nanggala 402, Prabowo Janji Biaya Sekolah Anak Korban Hingga Kuliah

"Pertama mendorong pemerintah memberikan beasiswa hingga anak anak mereka lulus strata 1. Ini juga disertai santunan bagi istri prajurit yang gugur dan kenaikan pangkat otomatis satu level," ujarnya.

Kedua, sambung dia, meminta pemerintah segera menetapkan hari duka nasional untuk menghormati para pejuang KRI Nanggala 402. Ketiga, mendorong semua pihak untuk melakukan Pemutakhiran alutsista semua matra khususnya TNI AL pada TA 2021/2022 serta pemenuhan Minimum Essential Forces (MEF) untuk pertahanan dan keamanan NKRI dalam 5-10 tahun ke depan.

Keempat, kata Hasbi, segera meningkatkan kesejehteraan prajurit dan keluarga, setidaknya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup yang lebih layak. Kelima, mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI untuk melakukan audit terhadap MRO yang melakukan perbaikan kapal selam Nanggala 402.

Baca juga: Nanggala 402 Tenggelam, Kinerja Menhan Prabowo Dapat Sorotan Publik

"Evaluasi ini penting untuk membangun Strategi, kebijakan dan penegakan hukum yang lebih baik," kata politikus Nasdem itu. "Demikian harapan saya agar kejadian ini mendapatkan perhatian penuh dan tidak terulang lagi di masa depan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)