DPR Sebut Kebudayaan Dapat Minimalisir Dampak Buruk Era Informasi

Kamis, 22 April 2021 - 21:06 WIB
loading...
DPR Sebut Kebudayaan Dapat Minimalisir Dampak Buruk Era Informasi
Diskusi Nilai-nilai Kebudayaan sebagai pembentuk karakter bangsa di era digital. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Syaiful Bahri Anshori menerangkan di era informasi digital akan mendatangkan peluang dan sekaligus tantangan yang perlu diantisipasi dengan kebijakan yang komprehensif dan praktis.



Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, salah satu cara untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan era digital dengan menjalankan nilai-nilai kebangsaan yang berbasis kebudayaan.

"Ini akan berpengaruh pada sektor keamanan dan kebudayan nasional, oleh karena itu nilai-nilai kebangsaan dan muatan lokal menjadi hal yang dapat meminimalisir dampak negatifnya," ujarnya.

Sementara Tenaga Ahli Menteri (TAM) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Devie Rahmawati menyebutkan, tantangan di dunia digital tidak dapat dipandang sederhana, karena juga mampu menghilangkan nyawa manusia, akibat kekerasan fisik di dunia offline yang diawali misalnya oleh kekerasan di media online melalui fitur teks, video, foto, komentar, hingga livestreaming.

"Menyadari bahwa teknologi digital bagaikan 'madu dan racun', maka Kominfo berkolaborasi dengan Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, kemudian menyusun navigasi cakap digital melalui 4 modul yaitu (1) Budaya Bermedia Digital; (2) Aman Bermedia Digital; (3) Etis Bermedia Digital; dan (4) Cakap Bermedia Digital," jelas Devie, TAM bidang komunikasi dan media massa.

"Melalui keempat modul ini diharapkan masyarakat menjadi makin cakap digital, dengan mengambil manfaat positif (madu) dari teknologi dan menjauhkan diri dari kerugian (racun) yang mungkin diperoleh akibat rendahnya kecakapan digital," tutup Devie.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)