Anies Baswedan, Din Syamsuddin, Said Aqil Dinilai Layak Diusung Poros Partai Islam

Selasa, 20 April 2021 - 13:52 WIB
loading...
Anies Baswedan, Din Syamsuddin, Said Aqil Dinilai Layak Diusung Poros Partai Islam
Anies Baswedan, Din Syamsuddin, Said Aqil masuk dalam nama-nama yang dinilai layak untuk diusung menjadi capres pada Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu mengenai pembentukan koalisi partai politik (parpol) Islam mencuat ke publik pasca pertemua pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam, jika koalisi tersebut terbentuk, ada sejumlah tokoh yang layak diusung mereka pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Adapun nama-nama tokoh yang layak diusung, yakni Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin, Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama KH Said Aqil Siradj serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Di antara tokoh yang layak diusung dari poros ini misalnya, Hidayat Nur Wahid, Erick Thohir, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Din Syamsuddin, Said Aqil Siraj, Sandiaga Uno dan lain-lain," ujar Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Selasa (20/4/2021).

Dia menilai sejumlah tokoh itu memiliki kedekatan dengan partai politik Islam. "Umat Islam sehingga bisa merepresentasikan kelompok Islam. Selain itu tentu saja, mesti memiliki elektabilitas yang bagus," tuturnya.

Diketahui, wacana partai-partai Islam bergabung dalam satu poros untuk menghadapi Pilpres 2024 muncul belakangan ini. Wacana itu muncul setelah pertemuan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan PKS beberapa hari lalu.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)