Empat Pilar Literasi Digital Menkominfo Untuk Akselerasi Digital Nasional

Minggu, 18 April 2021 - 13:15 WIB
loading...
A A A
“Keempat sektor prioritas tersebut adalah kunci dalam mendorong kapabilitas, produktivitas, dan peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia di era transformasi digital ini,” tuturnya.

Johnny menambahkan, terkait dengan infrastruktur digital, Kemkominfo bersama dengan ekosistem terkait tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk menjangkau daerah-daerah yang belum memiliki akses internet memadai di seluruh penjuru Nusantara.

“Namun, perlu diingat bahwa pembangunan infrastruktur telekomunikasi wajib dibarengi dengan kesiapan SDM yang akan memanfaatkan layanan internet tersebut,” katanya.

Tanpa kesiapan SDM, lanjutnya, ruang digital justru berpotensi digunakan untuk tujuan penyebaran konten negatif seperti penipuan daring, perjudian, prostitusi online, disinformasi atau hoaks, pencurian data pribadi, perudungan siber (cyberbullying), ujaran kebencian (hate speech), penyebaran paham radikalisme/terorisme di ruang digital, dan sebagainya.

Sementara itu, terkait peluncuran Modul Literasi Digital dihadiri sekitar 3.300 peserta dari seluruh kota/kabupaten secara daring dan 250 peserta secara luring di lima kota, yaitu Surabaya, Tangerang Selatan, Aceh, Yogyakarta, dan Lampung. Mereka dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Peluncuran juga dilakukan melalui saluran YouTube yang disaksikan10 ribu penonton dari berbagai kabupaten/kota.

Selain Menkominfo Johnny G Plate, hadir juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Nicholas Saputra, Yosi Mokalu, Cak Percil, Frida Kusumastuti dan Dirjen Aptika Semuel Pangerapan. (CM)
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)