Empat Pilar Literasi Digital Menkominfo Untuk Akselerasi Digital Nasional

Minggu, 18 April 2021 - 13:15 WIB
loading...
Empat Pilar Literasi Digital Menkominfo Untuk Akselerasi Digital Nasional
Menkominfo Johnny G Plate didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Nicholas Saputra saat meluncurkan empat modul literasi digital pada publik di Surabaya.
A A A
SURABAYA -
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menilai kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat mendesak untuk diupayakan secara masif, kolaboratif, dan berkelanjutan.

Pandangan Menkominfo ini berdasar data yang dirilis Bank Dunia yang menunjukkan bahwa Indonesia sedang mengalami digital talent gap atau kesenjangan talenta digital.

Untuk menutupi gap ini, ungkap Menteri kita membutuhkan sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun. "Rata-rata 600.000 talenta digital setiap tahunnya," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengupayakan untuk menyiapkan talenta-talenta digital tersebut. Salah satunya adalah dengan meluncurkan empat modul literasi digital pada publik.

Keempat modul tersebut yakni Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, dan Cakap Bermedia Digital. Semuanya disusun berdasarkan empat pilar literasi digital yang utama, yaitu digital culture, digital safety, digital ethics, dan digital skills.

Empat Pilar Literasi Digital Menkominfo Untuk Akselerasi Digital Nasional


Modul ini merupakan manifestasi kolaborasi dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Kementerian Kominfo.

Johnny memandang saat ini menjadi momentum bagi kita melakukan lompatan besar, menjadi Indonesia maju. Salah satunya melalui, Akselerasi Transformasi Digital Nasional. Kondisi pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk tetap beraktivitas, berinteraksi, dan bermigrasi ke dunia digital.

“Guna menjadikan momentum pandemi Covid-19 sebagai titik lompatan besar yang strategis menuju Indonesia Maju, Bapak Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan terkait Akselerasi Transformasi Digital Nasional,” ucap Johnny.

Melalui arahan ini, ia berharap seluruh komponen bangsa dapat memperkuat kolaborasi untuk terus mendorong digitalisasi nasional terutama di empat sektor prioritas, yaitu infrastruktur digital, masyarakat digital, ekonomi digital dan pemerintahan digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)