Belum Ada Sosok Dominan, Anies Baswedan Berpeluang Dilirik Parpol Pro Jokowi

Rabu, 14 April 2021 - 16:24 WIB
loading...
Belum Ada Sosok Dominan, Anies Baswedan Berpeluang Dilirik Parpol Pro Jokowi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto/Instagram Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih cukup jauh. Peta dukungan partai politik kepada sosok yang berpotensi maju di Pilpres juga belum terlihat.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan ada partai politik pendukung Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini yang akan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Mungkin saja. Partai kan harus mencari calon presiden yang mungkin mengangkat suara partai. Minimal tidak berdampak negatif terhadap suara partai," tutur Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan kepada SINDOnews, Rabu (14/4/2021).

Sekadar diketahui, Anies Baswedan bukan kader partai politik manapun. Sebelum menjabat gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan adalah salah satu anggota kabinet Jokowi-Jusuf Kalla (JK), menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Anies Baswedan juga pernah menjadi salah satu Deputi Kantor Transisi Jokowi-JK bersama Akbar Faisal (Nasdem), Hasto Kristiyanto (PDIP), Andi Widjajanto dan diketuai oleh Rini Mariani Soemarno. Kantornya di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Salah satu tugas tim transisi Jokowi-JK adalah mempersiapkan konsep kelembagaan pemerintahan termasuk merancang arsitektur kabinet, sektor dan berbagai kebijakan.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)