Belum Ada Sosok Dominan, Anies Baswedan Berpeluang Dilirik Parpol Pro Jokowi

loading...
Belum Ada Sosok Dominan, Anies Baswedan Berpeluang Dilirik Parpol Pro Jokowi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto/Instagram Anies Baswedan
JAKARTA - Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih cukup jauh. Peta dukungan partai politik kepada sosok yang berpotensi maju di Pilpres juga belum terlihat.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan ada partai politik pendukung Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini yang akan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Mungkin saja. Partai kan harus mencari calon presiden yang mungkin mengangkat suara partai. Minimal tidak berdampak negatif terhadap suara partai," tutur Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan kepada SINDOnews, Rabu (14/4/2021).Baca juga: Survei Capres 2024: Prabowo Teratas, Ungguli Nama-nama Populer Lainnya

Djayadi melihat pergerakan elektabilitas bakal calon presiden setahun terakhir tidak ada yang dominan. Dengan demikian, kata Djayadi, partai-partai bisa mencalonkan siapa saja tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi.

"Sangat mungkin partai-partai pendukung koalisi Jokowi tidak mencalonkan satu calon. Calon yang tersedia sekarang antara lain Anies Baswedan. Kecuali Gerindra, partai partai lain belum punya calon yang kompetitif, sehingga mungkin mencalonkan capres yang belum punya partai seperti Anies," tuturnya.Baca juga: Tokoh Oposisi Layak Capres 2024, Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung Teratas



Sekadar diketahui, Anies Baswedan bukan kader partai politik manapun. Sebelum menjabat gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan adalah salah satu anggota kabinet Jokowi-Jusuf Kalla (JK), menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Anies Baswedan juga pernah menjadi salah satu Deputi Kantor Transisi Jokowi-JK bersama Akbar Faisal (Nasdem), Hasto Kristiyanto (PDIP), Andi Widjajanto dan diketuai oleh Rini Mariani Soemarno. Kantornya di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Salah satu tugas tim transisi Jokowi-JK adalah mempersiapkan konsep kelembagaan pemerintahan termasuk merancang arsitektur kabinet, sektor dan berbagai kebijakan.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top