Mudik Lebaran Dilarang, Begini Beragam Reaksi Masyarakat

Rabu, 14 April 2021 - 11:04 WIB
loading...
A A A
Efektivitas Larangan Mudik

Pemerintah menerapkan kebijakan larangan mudik sebagai upaya mengendalikan kasus Covid-19 di tanah air. Namun demikian, sebagian besar responden meragukan kebijakan ini bisa mencapai tujuan yang ditetapkan.

Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat ragu, seperti tingkat kesadaran masyarakat yang belum optimal serta pengawasan kebijakan seperti upaya penindakan dan pemberian sanksi bagi para pelanggar yang belum berlangsung secara konsisten.

Dalam hal ini para responden berharap aparat terkait juga memiliki komitmen untuk menegakkan aturan dengan memberikan sanksi kepada pelanggar secara konsisten dan tidak diskriminatif.

Berkaitan dengan sanksi, dari semua jenis sanksi, 40% responden setuju jika bentuk sanksi yang diutamakan adalah denda. “Sanksinya denda saja, biar yang melanggar mikir-mikir. Tapi jangan terlalu memberatkan juga,” tutur Harris, mahasiswa asal Jakarta.

Harris juga berharap sanksi harus diberlakukan secara adil bagi masyarakat yang melanggar tanpa melihat latar belakang orang tersebut
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)