Vaksin Boleh Saat Ramadhan, MUI Minta Tenaga Medis Perhatikan Hal Ini

loading...
Vaksin Boleh Saat Ramadhan, MUI Minta Tenaga Medis Perhatikan Hal Ini
MUI menegaskan sesuai fatwa yang dikeluarkan sebelumnya, kegiatan vaksinasi Covid-19 tetap boleh pada saat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan kembali sesuai dengan fatwa yang telah dikeluarkan sebelumnya bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 tetap boleh dilakukan pada saat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Baca juga: Politisasi Vaksin Nusantara Harus Dihentikan

"Berkenaan dengan vaksin, vaksin ini di bulan Ramadhan intinya, orang yang sedang berpuasa tidak membatalkan puasanya kalau divaksin," kata Ketua MUI, Abdullah Jaidi dalam jumpa persnya saat sidang isbat 1 Ramadhan 1442 Hijiriah, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Airlangga Tegaskan Indonesia Tak Bergantung Pada Satu Vaksin

Kendati demikian, Abdullah menyatakan, ada yang perlu diperhatikan dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini. Dalam hal ini kata dia, kondisi kesehatan dari peserta vaksin itu sendiri.



"Artinya ada bahaya tidak. Jadi intinya tenaga medis harus memperhatikan ini. Walaupun fatwanya memperbolehkan, artinya tidak membatalkan tapi tergantung kondisi masing-masing," ujar dia.

Baca juga: Update Vaksinasi Sudah 10.261.791 Orang Dosis 1 dan 5.310.739 Dosis 2

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Keputusan itu diambil dalam sidang isbat yang digelar di Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (12/4/2021).

"Menyatakan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa, 13 April 2021" kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top