Selamat Datang Ramadhan, Jokowi: Semoga Negeri Ini Dijauhkan dari Penyakit dan Bencana

loading...
Selamat Datang Ramadhan, Jokowi: Semoga Negeri Ini Dijauhkan dari Penyakit dan Bencana
Jokowi berharap agar semua orang berlimpah rahmat di bulan Ramadhan. Dia juga mendoakan agar Indonesia dijauhkan dari penyakit dan bencana. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyambut kedatangan bulan Ramadhan 1442 H . Dia mengatakan bahwa Ramadhan adalah bulan penuh pahala dan pengampunan.

"Selamat datang bulan Ramadan, bulan penuh pahala dan pengampunan," tulis Jokowi di akun Instagramnya, @Jokowi, Senin (12/4/2021).

Di bulan Ramadhan ini Jokowi berharap agar semua orang berlimpah rahmat. Dia juga mendoakan agar Indonesia dijauhkan dari penyakit dan bencana.

Baca juga: Breaking News: Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan 13 April 2021

"Semoga kita semua senantiasa berlimpahkan rahmat dari Allah SWT, dan negeri ini dijauhkan dari penyakit dan bencana," katanya.

Pemerintah sendiri telah menetapkan awal Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers usai Sidang Isbat Awal Ramadan 1442H di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (12/4/2021) malam.



"Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Selasa, 13 April 2021," tutur Menag dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/4/2021).

Kesepakatan ini, menurut Menag, diambil setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis). "Keduanya saling memperkuat," jelas Menag.

Baca juga: Ini Dasar Pemerintah Menetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Selasa 13 April 2021

Secara astronomis, pada hari pelaksanaan rukyat, 12 April 2021, saat matahari terbenam, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat dan 36 menit. Data astronomis (hisab) ini kemudian dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang dilakukan pada 88 titik di 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Menag, ada 13 petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah hakim Pengadilan Agama setempat bahwa mereka melihat hilal.

"Setidaknya ada tiga belas petugas rukyat yang menyampaikan telah melihat hilal dan telah disumpah atas kesaksiannya," kata Menag.



"Oleh karenanya dengan dua hal tadi, mengetahui posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas kita, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan 1442H, jatuh pada esok hari Selasa, 13 April 2021," imbuh Menag.

(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top