Sidang Isbat, Tim Falakiyah Mulai Paparkan Posisi Hilal Awal Ramadhan

Senin, 12 April 2021 - 17:27 WIB
loading...
Sidang Isbat, Tim Falakiyah Mulai Paparkan Posisi Hilal Awal Ramadhan
Sidang isbat awal Ramadhan 1442 H digelar Kementerian Agama (Kemenag) di Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (12/4/2021) sore. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama (Kemenag), Cecep Nurwendaya mulai memaparkan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H dalam rangkaian pelaksanaan sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) di Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Berdasarkan pengamatan MNC Portal secara virtual, Cecep masih memulainya dengan prolog sebelum masuk ke inti paparan.

Sesi pemaparan posisi hilal ini dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca juga: Kemenag Gelar 3 Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadhan 1442 H

Kemudian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Lalu sejumlah ormas Islam, antara lain: NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama. Ada juga ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring. Kemudian, ada pula 29 duta besar negara sahabat yang diundang.

Baca juga: Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Digelar 12 April, Ini 86 Lokasi Rukyatul Hilal


(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)