Hanafi Rais Mundur dari DPR sejak Mei 2020, Penggantinya Belum Juga Dilantik

Senin, 12 April 2021 - 14:39 WIB
loading...
Hanafi Rais Mundur dari DPR sejak Mei 2020, Penggantinya Belum Juga Dilantik
Ahmad Hanafi Rais. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Meski telah menyatakan mundur dari DPR RI sejak Mei 2020, Ahmad Hanafi Rais hingga kini masih tercatat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN). Penggantinya belum dilantik.

Dilihat dari laman dpr.go.id, Senin (12/4/2021), nama Hanafi Rais masih tercatat dengan nomor anggota 503. Jika dibandingkan dengan proses PAW lainnya, seperti PAW almarhum Ali Taher Parasong ke Muhammad Rizal, PAW Hanafi Rais termasuk memakan waktu lama.

Diketahui, Ali Taher Parasong meninggal dunia pada 3 Januari 2021. Kursi DPR yang ditinggalkan almarhum kini sudah diisi rekan separtainya, Muhammad Rizal. Rizal berasal dari Dapil Banten III.



Rizal dilantik menjadi anggota DPR pada Jumat, 9 April 2021, saat DPR menggelar rapat paripurna. Dengan demikian, proses PAW almarhum Ali Taher Parasong ke Muhammad Rizal tak sampai tiga bulan.

Akhir Januari 2021, PAN mengaku sudah memproses PAW Hanafi Rais. Namun, belum diketahui kapan anggota DPR baru pengganti Hanafi Rais itu dilantik. Menurut Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi, berdasarkan acuan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pengganti Hanafi Rais merupakan caleg yang memperoleh suara terbanyak kedua di dapil yang sama, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Iya sudah diproses. Menurut UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu bahwa dapat di-PAW oleh caleg yang memperoleh suara terbanyak kedua yaitu Yuni Astuti," kata Yoga kepada SINDOnews, Selasa (26/1/2021).



Diketahui, Hanafi Rais mengundurkan diri dari jabatannya di DPR RI sekaligus kepengurusan PAN tahun lalu. Keputusan putra sulung Amien Rais itu mundur dari DPR terlampir dalam surat tertanggal 5 Mei 2020. Terakhir Hanafi Rais merupakan ketua Fraksi PAN DPR RI. Kini, ketua Fraksi PAN DPR RI resmi dijabat Saleh Partaonan Daulay.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)