Cegah Terorisme, Orang Tua dan Sekolah Harus Perkuat Moderasi Beragama ke Milenial

Sabtu, 10 April 2021 - 22:30 WIB
loading...
Cegah Terorisme, Orang Tua dan Sekolah Harus Perkuat Moderasi Beragama ke Milenial
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia baru saja diguncang aksi teror beruntun dalam beberapa waktu terakhir. Yang disasar pun bukan hanya tempat ibadah, bahkan Markas Besar (Mabes) Polri.

Berdasarkan keterangan resmi polisi, para pelaku teror tersebut masih berusia muda namun karena terpapar oleh paham radikal kemudian menjadi teroris.

Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ali M Abdillah mengungkapkan keprihatinannya terhadap aksi teror yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Menurut dia, hal tersebut sangat menyedihkan terlebih lagi pelaku masih di usia muda atau milenial.”Ini perlu menjadi perhatian semua pihak agar langkah antisipatif dapat dilakukan. Orang tua harus mengawasi betul karena jaringan teroris ini dapat memanfaatkan organisasi kerohanian sekolah sebagai pintu masuk doktrinasi terhadap antinegara, anti pemerintah,” tutur Kiai Ali di Jakarta, Jumat 9 April 2021.

Dia mengaitkan kasus terorisme tersebut dengan kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah ketika siswa menolak ajaran radikal yang disampaikan oleh pendidik kemudian siswa tersebut diperlakukan secara tidak adil.

Menurut dia, gerakan radikal yang masif di lingkungan sekolah perlu menjadi perhatian bersama oleh Kemendikbud, Kemenag dan seluruh lapisan masyarakat.

“Ketika anak sudah masuk ke jaringan mereka (kelompok radikal-red) dan diberikan doktrin sesuai dengan kepentingan mereka maka ini akan menjadi amunisi yang suatu saat bisa meledak. Ini yang harus diwaspadai bersama,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pengajian melalui media sosial (medsos) perlu dikendalikan dan diperhatikan. Apalagi ketika mengajarkan ajaran yang tidak sejalan dengan corak keragaman di Indonesia maka pemerintah diminta lebih baik tegas. Termasuk juga peran orang tua sangat penting untuk memantau anak-anaknya.

”Karena anak-anak ini sudah menjadi incaran kelompok radikal. Hal ini perlu diperketat karena melalui pintu-pintu tadi kelompok teroris melakukan perekrutan dan cuci otak terhadap generasi muda,” tutur Ali.

Ketua Pengurus Wilayah Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyin (MATAN) DKI Jakarta itu juga menyampaikan, di MUI sudah terbentuk Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET). Ini menunjukkan MUI serius dalam melakukan kontra narasi sekaligus deradikalisasi kepada anak muda yang terpapar ajaran radikalisme.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada terhadap kondisi terkini yang sedang terjadi karena saat ini negara tidak membiarkan kelompok ini bergerak bebas.

“Kita memiliki aparat-aparat yang terus mencari jaringan mereka (teroris) sembari kita juga melakukan pengamanan di tingkat lingkungan dan keluarga serta berdoa kepada Allah SWT agar bangsa dan negara kita diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Masyarakat harus aktif, dan pihak keamanan juga harus kita support demi ketentraman dan keamanan rakyat Indonesia,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)