5 Fakta Partai Ummat yang Akan Dideklarasikan 17 Ramadhan 1442 H

Minggu, 11 April 2021 - 08:40 WIB
loading...
5 Fakta Partai Ummat yang Akan Dideklarasikan 17 Ramadhan 1442 H
Partai Ummat akan dideklarasikan 17 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 29 April 2021. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Ummat , partai baru yang didirikan Tokoh Reformasi M Amien Rais , akan dideklarasikan pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah, bertepatan dengan 29 April 2021. Sejumlah persiapan telah dilakukan.

Deklarasi Partai Ummat rencananya dilaksanakan secara digital lantaran masih dalam kondisi Covid-19. Deklarasi partai yang sudah masuk radar sejumlah lembaga survei ini akan dipusatkan di Yogyakarta.

Berikut ini lima fakta tentang Partai Ummat :

1. Didirikan M Amien Rais dan Sejumlah Eks Politikus PAN

Selain M Amien Rais , sejumlah eks politikus atau politisi Partai Amanat Nasional (PAN) terlibat dalam pendirian Partai Ummat. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, para mantan pengurus PAN yang terlibat aktif dalam pembentukan Partai Ummat antara lain Agung Mozin dan Chandra Tirta Wijaya. Di daerah, sejumlah mantan kader PAN juga menyatakan gabung Partai Ummat.

Baca juga: Jelang Deklarasi, Partai Ummat Sudah Terbentuk di Seluruh Kecamatan di DKI

2. Motto 'Lawan Kezaliman' dan 'Tegakkan Keadilan'

Partai Ummat memiliki tagline atau motto 'Lawan Kezaliman' dan 'Tegakkan Keadilan'. Pada Kamis (1/10/2020), Amien Rais mengatakan, sejarah umat manusia menunjukkan bahwa hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal, tetapi sebaliknya pula hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata.

"Dengan memiliki sarana dan aparat yang lengkap serta kekuasaan yang paling besar, negara dapat melancarkan kezaliman politik, kezaliman ekonomi, kezaliman sosial, kezaliman hukum, bahkan kezaliman kemanusiaan. Namun hanya negara pula yang dapat menegakkan keadilan bagi semua rakyatnya. Semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa, apakah sedang membela kepentingan rakyat dan umat, atau sebaliknya, sedang membela kepentingan konglomerat dan korporatokrat."

Baca juga: PAN Didesak Percepat Proses PAW Hanafi Rais
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1551 seconds (11.252#12.26)