Andi Mallarangeng Bakal Luncurkan Buku tentang Gaple

loading...
Andi Mallarangeng Bakal Luncurkan Buku tentang Gaple
Andi Mallarangeng. Foto/Tangkapan layar YouTube Jendela Dede Yusuf
JAKARTA - Diam-diam, politikus Partai Demokrat Andi Mallarangeng sedang menulis buku. Bukan buku tentang politik, dunia yang digelutinya sejak lama. Andi menulis buku tentang gaple .

"Iya betul, karena memang salah satu hobi saya main gaple dari dulu," kata Andi menjawab pertanyaan rekan separtainya, Dede Yusuf, di video yang tayang di Channel YouTube Jendela Dede Yusuf, Sabtu (10/4/2021).

Andi mengaku tersinggung kalau dibilang gaple ini olahraga atau permainan kampungan. Menurutnya, gaple adalah olahraga rakyat. "Tapi kalau dibilang gaple olahraga kampungan nggak terima kita ini," ujarnya.

Baca juga: Exit Strategy ala Andi Mallarangeng, Kubu Moeldoko: Itu Tawaran Seorang Pengecut

Mantan Menpora ini menambahkan, dirinya terlecut atau termotivasi untuk membuat buku tentang gaple karena gaple yang dianggap kampungan oleh sebagian kalangan memang tidak ada bukunya. "Kenapa nggak ada bukunya, nggak bisa ditulis, nggak ada notasinya. Kemudian saya membuat notasi gaple, menciptakan notasi gaple, sehingga dengan notasi itu jadi. Catur, bridge, itu ada notasinya semua. Ada semua menuliskan gerakan move-move yang ada di catur. Gaple nggak ada," jelasnya.



Menurut Andi, dia mengombinasikan antara notasi bridge dengan notasi catur. "Maka kita bikinlah notasi gaple, dengan itu maka kita bisa rekonstruksi permainan gaple, bisa kita bikin teorinya, bisa kita analisis, dan bisa dibukukan," kata pria kelahiran Makassar, 14 Maret 1963 tersebut.

Baca juga: 5 Artis Wanita Indonesia yang Hobi Mengendari Moge

Buku tentang gaple ini, kata Andi, rencananya diluncurkan setelah bulan puasa. "Mudah-mudahan bulan puasa ini bisa saya selesaikan, editing terakhir, lalu habis puasa kita luncurkan," kata Andi.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top