TNI AL Kirim Rumah Sakit Apung Bantu Rawat Korban Bencana NTT

Rabu, 07 April 2021 - 16:05 WIB
loading...
TNI AL Kirim Rumah Sakit Apung Bantu Rawat Korban Bencana NTT
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan rumah sakit apung dari TNI AL sudah diberangkatkan untuk membantu merawat korban bencana di NTT. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ), Raditya Jati mengatakan rumah sakit apung dari TNI AL sudah diberangkatkan untuk membantu merawat korban bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) .

“Rumah sakit apung dari TNI AL hari ini berangkat ya. Kami mendapat info hari ini berangkat ya, kemungkinan satu atau dua hari ini sampai. Mudah-mudahan kita berharap sampai segera,” ujarn Raditya dalam konferensi pers virtual dari Graha BNPB, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Baca juga: Korps Marinir Kirim Prajurit Marinir Terbaik Bantu Penanganan Banjir di NTT

Raditya juga mengatakan bahwa kapal yang dikirimkan oleh TNI AL ini juga akan membawa logistik untuk penanganan bencana NTT. “Jadi memang TNI AL akan membawa selain logistik juga rumah sakit darurat,” jelasnya.

Sementara itu, Raditya mengatakan dikarenakan keterbatasan rumah sakit yang ada di NTT akibat terdampak bencana, oleh karenanya korban luka-luka seperti patah tulang akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar. “Jadi memang korban luka-luka patah tulang atau yang lebih parah akan river ke rumah sakit yang lebih besar,” jelasnya.

Raditya pun menegaskan bahwa hal ini sudah menjadi perhatian dari Kementerian Kesehatan khususnya di Pusat Krisis.
“Tentunya ini juga menjadi perhatian dari Kementerian Kesehatan. Tentunya juga kita lihat kondisi di lapangan, tapi yang jelas pengiriman logistik dari Kementerian Kesehatan terus diupayakan untuk penanganan yang lebih baik,” paparnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)