Bangkitkan Industri Pariwisata, BNSP Sertifikasi Tenaga Kerja Perhotelan

Minggu, 04 April 2021 - 00:44 WIB
loading...
Bangkitkan Industri Pariwisata, BNSP Sertifikasi Tenaga Kerja Perhotelan
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bersama PHRI Bintan menyelenggarakan program sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja pariwisata khususnya hotel dan restoran. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Geliat sektor perhotelan mulai muncul meski pandemi Covid-19 masih menghantui Indonesia. Agar eksistensi dunia pariwisata tetap terjaga, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara di Club Med Bintan bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bintan menyelenggarakan program sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja pariwisata khususnya hotel dan restoran.

Program tersebut merupakan bagian dari Program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP untuk mempercepat pengakuan industri terhadap tenaga kerja bersertifikat kompetensi yang dilakukan dengan sistem nasional sertifikasi kompetensi.

Ketua PHRI Bintan, Trizno Tarmoezi menyambut baik program sertifikasi tersebut. Dia juga mengapresiasi LSP Rajawali Hospitality Nusantara yang sudah memfasilitasi sertifikasi itu. "Very well organized. Struktur kerja LSP Rajawali tertata baik, team work sangat bagus. Dan persiapan dan pelaksanaan uji kompetensi yang sangat sistematis," kata Trizno.

Trizno juga mengapresiasi tim assesor yang dinilainya sangat help full untuk semua peserta uji kompetensi. Menurut dia, tim assesor sangat qualified di bidang masing-masing dengan pengalaman kerja di hotel industri lebih dari 12 tahun. "Saya berharap professionalisme LSP Rajawali HN terus ditingkatkan dengan assesor yang sangat kompeten di bidangnya. Sertakan juga Asessor lokal. Dan semoga masih dapat memberikan quota untuk kesempatan free uji kompetensi yang akan datang di Bintan," tutur Trizno.

Senada, General Manager Club Med Bintan, Ghazzo Amin Ali mengaku bangga telah diberi kehormatan oleh LSP Rajawali Hospitality Nusantara untuk melaksanakan Assessment & Competency test tersebut. "Sebanyak 115 staf lokal kami dari semua layanan sangat termotivasi dengan acara ini hari ini dan peserta yang berhasil akan diberikan sertifikat kompetensi," kata Ghazzo Amin.

Selain di Club Med Bintan, LSP Rajawali Hospitality Nusantara juga menyelenggarakan uji kompetensi bidang perhotelan di TUK Treasure Bay Bintan pada Sabtu, 3 April 2021. Ada sejumlah hotel yang ikut serta dalam program itu, yaitu Anmont Holiday Villa Pantai Indah, De Bintan Villa, Pulau Joyo Resort, Pulau Pangkil Resort, Grand Lagoi, Ria Bintan, Marine Coffee, dan juga Treasure Bay Bintan.

HRD Treasure Bay Bintan, Flora mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya uji kompetensi pelaku pariwisata untuk hotel dan resort di Kawasan Lagoi, Bintan yang digelar LSP Rajawali. "Penyelenggaraan berjalan dengan lancar dari pendaftaran peserta, persiapan maupun pelaksanaan uji kompetensi ini," kata Flora.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)