Empat Pentolan Parpol Digadang Maju Pilpres 2024, Ini Sosoknya

Sabtu, 27 Maret 2021 - 09:55 WIB
loading...
Empat Pentolan Parpol Digadang Maju Pilpres 2024, Ini Sosoknya
Empat petinggi partai politik yang namanya sudah digadang untuk menjadi kandidat pada Pilpres 2024. Foto/Instagram/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih jauh. Kendati demikian sejumlah partai politik (parpol) sudah mulai memunculkan sosok yang akan diusung sebagai pemimpin masa depan.

Langkah parpol mulai menggulirkan nama bakal capresnya tersebut seiring dengan ramainya hasil survei elektabilitas tokoh untuk menjadi capres-cawapres pada Pilpres 2024 yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Lalu siapa saja tokoh yang sudah digadang parpol untuk menjadi capres pada Pilpres 2024, berikut nama-namanya.

1. Prabowo Subianto
Pada Senin 24 Februari 2020, Ketua DPP Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa melempar wacana duet Prabowo Subianto dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani pada Selasa 23 Maret 2021 pun mengungkapkan bahwa partainya berharap Prabowo Subianto bersedia kembali bertarung di Pilpres.

Prabowo sebenarnya bukan orang baru dalam pertarungan Pilpres. Pada Pilpres 2019 lalu, Prabowo menjadi capres berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno. Namun, mereka kalah dari Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang kini menjadi presiden dan wakil presiden.

Pada Pilpres 2014 silam, Prabowo juga sebagai Capres berpasangan dengan Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa. Mereka juga kalah dari pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. Pada Pilpres 2009, Prabowo menjadi calon wakil presiden (Cawapres) berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Pasangan yang dikenal sebutan Mega-Pro saat itu juga kalah dari Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) - Boediono. Kini, Prabowo Subianto menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.Baca Juga: Airlangga Hartarto
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia pada Selasa 23 Maret 2021 mengungkapkan partainya tetap menjagokan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024. Informasi yang disampaikan Doli Kurnia itu bukan hal baru. Pada Sabtu 6 Maret 2021, Doli mengungkapkan hal yang sama. Kata Doli, pencalonan Airlangga Hartarto di Pilpres 2024 itu merupakan aspirasi yang disampaikan secara resmi oleh seluruh 34 DPD Partai Golkar Provinsi se-Indonesia.

Usai menutup rapat pimpinan nasional (Rapimnas) di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu 6 Maret 2021, Airlangga Hartarto pun menanggapi ihwal dirinya yang didorong untuk maju di Pilpres 2024. Airlangga mengungkapkan dirinya mulai diusung Partai Golkar menjadi Capres 2024 di Musyawarah Nasional (Munas) tahun 2019 lalu. Keputusan itu, kata Airlangga, diperkuat dalam Rapimnas Partai Golkar baru-baru ini. Namun, Partai Golkar belum memikirkan pendamping Airlangga Hartarto di Pilpres mendatang

3. Abdul Muhaimin Iskandar
Baru-baru ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalimantan Timur menyampaikan satu suara untuk mengusung Muhaimin Iskandar sebagai capres 2024. Hal tersebut merupakan hasil Muscab serentak 10 DPC PKB se-Kalimantan Timur, pada 13-14 Maret 2021. Selain itu, aspirasi senada diungkapkan lima DPC PKB yakni Flores Timur, Lembata, Sikka, Ende dan Nagekeo. Sekadar diketahui, pada 10 April 2018 di Kantor DPP PKB, Jakarta, ketua umum PKB itu mengungkapkan partainya mengusung Pasangan Jokowi-Muhaimin Iskandar untuk Pilpres 2019. Namun, pada Pilpres 2019 lalu, Muhaimin Iskandar bersama PKB mendukung Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin.

4. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketua Umum Bintang Muda Indonesia (BMI) Demokrat, Farkhan Effendi membeberkan pihaknya siap menjadi garda terdepan dalam mendukung AHY di Pilpres 2024 mendatang. Pernyataan Farkhan Effendi itu disampaikannya usai Pelantikan BMI Demokrat Bandung dan Cimahi di Ardan Hotel, Jalan Sederhana, Kota Bandung, Minggu 6 Desember 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)