Pastikan Tak Ada Impor hingga Juni, Jokowi Janji Serap Beras Petani

Jum'at, 26 Maret 2021 - 20:22 WIB
loading...
Pastikan Tak Ada Impor hingga Juni, Jokowi Janji Serap Beras Petani
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Setkab.go.id
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan ada impor beras hingga Juni 2021 mendatang. Dia juga memastikan pemerintah akan menyerap beras dari petani.

“Saya pastikan beras petani akan diserap oleh Bulog. Dan saya akan segera memerintahkan menteri keuangan agar membantu terkait anggarannya,” kata Jokowi, Jumat (26/3/2021).

Dia memahami jika saat ini tengah memasuki masa panen dan harga beras petani belum sesuai yang diharapkan. Untuk itu dia meminta agar perdebatan impor beras dihentikan agar tak membuat harga gabah semakin anjlok.

“Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” katanya.

Meski begitu Jokowi mengakui pemerintah melakukan kesepakatan impor beras dengan Thailand dan Vietnam. Namun hal ini hanya untuk berjaga-jaga. Bahkan dia menyebut belum ada beras impor yang masuk ke Indonesia.

“Saya tegaskan memang ada MoU dengan Thailand dan Vietnam itu hanya untuk berjaga-jaga mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. Saya tegaskan sekali lagi berasnya belum masuk,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)