Jokowi: Tak Ada Impor Beras sampai Juni 2021

Jum'at, 26 Maret 2021 - 19:56 WIB
loading...
Jokowi: Tak Ada Impor Beras sampai Juni 2021
Presiden Joko Widodo. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan hingga Juni mendatang tidak akan ada beras impor yang masuk ke Indonesia. Apalagi sudah tiga tahun tak ada impor beras masuk ke Indonesia.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia. Kita tahu sudah hampir 3 tahun ini kita tidak mengimpor beras," kata Jokowi, Jumat (26/3/2021).

Dia mengakui ada perjanjia atau MoU dengan Thailand dan Vietnam. Namun hanya untuk berjaga-jaga saja. “Itu hanya untuk berjaga-jaga mengingat situasi pandemi yang penuh ketidakpastian,” ungkapnya.

Dia memastikan pemerintah akan menyerap beras dari petani melalui Bulog. Dan telah memerintahkan Menkeu untuk membantu penganggarannya. “Saya tahu kita memasuki masa panen. Harga beras di tingkat petani belum sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Terkait hal ini, dia meminta agar tidak ada lagi perdebatan soal impor beras karena berdampak buruk bagi harga gabah petani. “Saya minta hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” ujarnya.

Seperti diketahui, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berencana untuk mengimpor satu juta ton beras. Hal ini dilakukan bukan karena pasokan beras yang kurang tapi untuk menjaga cadangan beras Bulog.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3043 seconds (0.1#10.140)