Dukung Pemerintah, GAMKI Edukasi Masyarakat Manfaat dan Pentingnya Vaksinasi

Kamis, 25 Maret 2021 - 06:54 WIB
loading...
Dukung Pemerintah, GAMKI Edukasi Masyarakat Manfaat dan Pentingnya Vaksinasi
Ketua Bidang Pakar Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menjadi pembicara bertajuk Vaksin COVID-19: Lindungi Diri, Keluarga, Bangsa, dan Negeri yang diselanggarakan oleh Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagai bentuk dukungan atas program vaksinasi COVID-19 gratis yang dilakukan pemerintah, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia ( GAMKI ) melaksanakan kegiatan edukasi tentang manfaat vaksin COVID-19 kepada masyarakat, khususnya jemaat Gereja.

Dalam pembukaan kegiatan bertajuk "Vaksin COVID-19: Lindungi Diri, Keluarga, Bangsa, dan Negeri", Wakil Ketua Umum DPP GAMKI Sherly Wattimena menyampaikan posisi GAMKI sebagai mitra pemerintah untuk mengedukasi masyarakat terkait program vaksinasi.

Dia menjelaskan, dalam situasi pandemi COVID-19 ini intervensi vaksinasi merupakan salah satu upaya kesehatan yang harus dilaksanakan secara holistik dengan melibatkan berbagai pihak.

"Ini merupakan realitas yang harus kita sikapi secara bersama-sama. Oleh karena itu, GAMKI memposisikan diri sebagai mitra pemerintah baik membantu kementerian dan lembaga terkait edukasi dan sosialisasi, termasuk untuk pendataan penerima vaksin di daerah-daerah, terkhusus di lingkungan gereja-gereja," ujar Sherly dalam webinar pada Selasa, 23 Maret 2021 lalu.

Dalam kegiatan webinar hadir Keynote Speaker Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Prof. Thomas Pentury, Ketua Bidang Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dan Juru Bicara Vaksin COVID-19 PT Bio Farma Bambang Heriyanto.

Sementara, penanggap dalam acara tersebut adalah Bishop Gereja Methodist Indonesia Wilayah I Pdt KW Sinurat, Sekretaris Umum BPH GBI Pdt Josafat Mesach, dan Ketua Umum Sinode Am GPI Pdt Liesje Sumampouw.

Direktur Jenderal Bimas Kristen, Prof Thomas Pentury dalam pemaparannya menyampaikan gereja memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi jemaat mengenai manfaat vaksinasi. "Saya kira pertanyaan mengapa gereja atau umat harus diedukasi itu menjadi penting. Karena, pandemi COVID-19 ini memberi dampak negatif bagi gereja, khususnya dalam pertumbuhan gereja," ujar Thomas.

"Gereja dalam hal ini harus mengerti apa sebenarnya tujuan vaksinasi itu. Kalau tidak kita semua akan menjadi korban. Kalau tidak ada upaya apapun, maka bumi ini akan musnah hanya karena COVID-19 ini. Tapi Tuhan punya cara untuk melindungi bumi ini. Tujuan pertama adalah menurunkan angka kesakitan. Karena kesakitan itu dampaknya banyak," sambungnya.

Selain itu, dia berharap agar seluruh gereja yang ada di Indonesia, baik organisasi seperti GAMKI dan GMKI turut serta mensosialisasikan proses vaksinasi kepada masyarakat luas.

"Berharap kepada seluruh gereja-gereja, organisasi gereja termasuk di dalamnya GAMKI dan GMKI untuk turut serta dalam proses vaksinasi ini dan mensosialisasikan bahwa vaksinasi adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga bumi, manusianya, juga memberi ruang bagi manusia atau umat untuk tetap bisa melayani Tuhan," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2906 seconds (0.1#10.140)