Ini Harapan Konfederasi Pekerja Nasional terhadap Direksi Baru BPJamsostek

Rabu, 24 Maret 2021 - 17:49 WIB
loading...
Ini Harapan Konfederasi Pekerja Nasional terhadap Direksi Baru BPJamsostek
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi menyambut baik jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) yang baru.
A A A
JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi menyambut baik jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) yang baru. Menurutnya banyak harapan baik yang bakal diwujudkan jajaran direksi anyar tersebut.

Beberapa di antaranya, kata dia, jajaran Direksi BPJamsostek melakukan komunikasi serta dialog yang baik dengan setiap stakeholder, seperti pimpinan serikat buruh sebagai representasi peserta BPJamsostek. “Kami ini representasi penanam saham utama di BPJamsostek, selama ini memang komunikasi dilakukan pada momen-momen tertentu,” katanya.

Berikutnya, kata Ristadi, BPJamsostek diharapkan berani melakukan peningkatan program-program manfaat tambahan bagi peserta BPJamsostek, seperti program bantuan usaha bagi para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). “Apalagi seperti kita ketahui, banyak pekerja yang harus kehilangan pekerjaan akibat dari dampak Pandemi Covid-19 dan mereka kesulitan secara ekonomi,” ujarnya.

Mengenai pelayanan, dia melihat pelayanan BPJamsostek sekarang ini sudah baik tetapi masih ada yang perlu ditingkatkan. Salah satunya, BPJamsostek terus berupaya dalam berinovasi memberikan percepatan pelayanan kepada peserta khususnya di kantor-kantor cabang.

Terkait isu dugaan korupsi di tubuh BPJamsostek, dari data yang didapatkan, Ristadi beranggapan hal tersebut terjadi karena penurunan nilai saham. Dirinya percaya, BPJamsostek diisi oleh orang-orang yang berpengalaman dan kompeten dalam mengelola keuangan.

“Perekonomian saat ini sedang drop, karena dampak pandemi, kemudian saham mengalami penurunan. Saya kira, ini bukan hal yang disengajakan. Jadi ini memang ‘kecelakaan’ investasi saham dan dampak pandemi Covid-19. Mudah-mudahan setelah pandemi selesai, saham-saham yang dimiliki BPJamsostek kembali membaik,” katanya.

Kendati demikian dirinya tetap menghormati proses yang tengah berlangsung dan menunggu hasil penyidikan yang dilakukan Kejagung RI.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konfederasi Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Eko Darwanto. Menurutnya, direksi baru ini merupakan formasi yang cukup sempurna. Karena dari tujuh, empat di antaranya dari luar dan tiga di dalam (internal) maka itu akan mempercepat proses move on alias transformasi menjadi lebih lincah.

"Ke depannya ini kan tantangannya lebih besar. Misalnya dalam kondisi pandemi Covid-19 ini dituntut untuk tetap memberikan pelayanan cepat, apalagi dengan tidak semua peserta memiliki pengetahuan IT atau teknologi yang tinggi. Harapan kami juga, lebih ditingkatkan pelayanan kepada teman peserta yang ingin melakukan klaim. Apalagi bakal ada program JKP, ini tentu memberikan tantangan kepada manajemen yang baru untuk bagaimana mensinergikan program baru dengan program yang lain," katanya saat pertemuan antara Direksi BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) dengan konfederasi serikat pekerja atau buruh Indonesia, Jumat (19/3/2021).

Dia menilai pelayanan BPJamsostek saat ini cukup baik bahkan lebih bagus karena ada lapak asik online. Itu memberikan suatu manfaat yang sangat baik dan harus dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan terobosan-terobosan anyar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)