Jurnalis Senior Don Hasman Posting Foto Kebersamaan dengan Herman Lantang

Senin, 22 Maret 2021 - 13:20 WIB
loading...
Jurnalis Senior Don Hasman Posting Foto Kebersamaan dengan Herman Lantang
Jurnalis senior Don Hasman juga memposting foto kebersamaannya dengan Herman Lantang dan Ariestides Katoppo, saat mendaki Gunung Bromo.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Duka mendalam sangat dirasakan para sahabat Herman Lantang. Jurnalis foto senior, Don Hasman yang juga sahabat karib Herman Lantang di organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI), mengungkapkan duka citanya lewat akun Facebook-nya.

Don Hasman juga memposting foto kebersamaannya dengan Herman Lantang dan Ariestides Katoppo, saat mendaki Gunung Bromo. Ada juga foto Herman Lantang saat dirawat di rumah sakit dan di penginapannya di Bogor, yakni Camp Herman Lantang. Herman Onesimus Lantang lahir di Tomohon, 2 Juli 1940. Senin ini, 22 Maret 2021,sekitar pukul 03.00 WIB tutup usia di rumah putera pertamanya, Errol Lantang, di perumahan Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Foto (pribadi)

1. Saat "Kareman" julukan Beliau ketika melakukan penelitian di Lembah Heage, Papua, sekitar akhir 1960-an.
2. Saat Beliau menuntun Errol Kamang Lantang kecil di Lembah Surya Kencana, Gunung Gede, Cianjur, Jawa Barat.
3. Jumpa sahabatnya Prof. Dr. Respati, sesama anggota MAPALA U I, di RS Saiful Anwar, Malang, 2018.
4. Di rumah Beliau, "Herman Camp", Bogor. Kami biasa berkelakar.
5. Bersama 2 sahabat terdekatnya, Aristides Katoppo (alm. kanan) dan saya di tengah,"

"Selamat jalan, Man!" tulis Don Hasman.

Legenda petualang Herman O Lantang, meninggal pada Senin (22/3/2021) subuh tadi. Kabar duka ini tersiar lewat pesan Facebook salah satu anggota istimewa Mapala UI Syamsirwan Ichien.

"Selamat jalan Senior
Telah meninggal Dunia
Legenda Petualang Indonesia
Hari ini jam 03.00 wib
Saat ini Jenazah di RSUD Tangerang Selatan
Pamulang"

Jurnalis Senior Don Hasman Posting Foto Kebersamaan dengan Herman Lantang


Herman Lantang adalah mantan mahasiswa jurusan Antropologi di FSUI dan juga mantan ketua senat Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada era 60an. Herman Lantang juga salah satu pendiri Mapala UI dan pernah menjabat sebagai ketuanya pada 1972 - 1974. Baca juga: Aksi Heroik Mapala UI Kibarkan Merah Putih di Berbagai Tempat

Herman Lantang adalah sahabat dari Soe Hok Gie yang pernah menjadi inspirator gerakan demo long march mahasiswa UI untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno pasca G30 S dan semasa Tritura. Sampai sebelum film biografi "Gie" muncul di layar perak, tak banyak orang yang menggubris kehadiran tokoh yang satu ini, kecuali, lagi - lagi, komunitas pencinta alam, yang sangat mengagungkan sikapnya yang tetap rendah hati.

Jurnalis Senior Don Hasman Posting Foto Kebersamaan dengan Herman Lantang


Herman dilahirkan di sudut kota kecil Tomohon, sebuah kota administrasi di provinsi Sulawesi Utara, 77 tahun silam. Dalam buku baptisnya ia diberi nama: Herman Onesimus Lantang. Kegemarannya terhadap alam mulai timbul ketika ayahnya yang saat itu berprofesi sebagai tentara sering mengajaknya keluar - masuk hutan di kawasan Tomohon untuk berburu.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)