Perluas Organisasi, Mathla'ul Anwar Bertekad Terus Perbanyak Lembaga Pendidikan

Jum'at, 19 Maret 2021 - 21:11 WIB
loading...
Perluas Organisasi, Mathlaul Anwar Bertekad Terus Perbanyak Lembaga Pendidikan
KH Mohammad Zen saat berbicara dalam acara Deklarasi Pencalonan Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar di Tangerang Selatan, Jumat (19/3/2021). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Organisasi dakwah dan pendidikan Mathla’ul Anwar (MA) menegaskan perannya untuk terus menata umat dan merekatkan keutuhan bangsa.

Organisasi yang berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni pada tahun 1916 ini akan terus membina umat, salah satunnya melalui pendidika.

"MA tidak pernah lelah melakukan pembinaan umat melalui pendidikan, dakwah, dan kegiatan sosial,” tutur KH Mohammad Zen pada acara Deklarasi Pencalonan Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar di Tangerang Selatan, Jumat (19/3/2021).

Organisasi keagamaan yang didirikan KH Mas Abdurahman dan kawan-kawan di Banten itu telah merambah ke-32 provinsi.

Mathla'ul Anwar juga mengelola sekitar 2.000 lembaga pendidikan, mulai dari tingkat dasar, menengah, sampai perguruan tinggi.

“Kami ingin memperkuat, meningkatkan peran, dan memperluas jangkauan organisasi MA di masyarakat antara lain dengan memperbanyak lembaga pendidikan. Dalam lima tahun ke depan, MA insya Allah akan membangun lima perguruan tinggi baru,” tutur KH Mohammad Zen.

MA akan menggelar Muktamar ke-20 pada 1-3 April 2021 di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Di tengah situasi pandemi, muktamar hanya akan dihadiri oleh sekitar 150 peserta termasuk unsur Pengurus Besar, Pengurus Wilayah (PW) dari 32 provinsi di Indonesia, serta panitia.

Menurut rencana, event lima tahunan ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo seperti yang digelar pada Muktamar ke-19 tahun 2015 di Pandeglang, Banten.Baca juga: Menohok, Begini Tanggapan Eks Kader Demokrat Pasek Suardika Soal Curhatan SBY

KH Mohammad Zen mengakui, lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah organisasi keagamaan Islam secara umum masih tertinggal dibandingkan dengan lembaga pendidikan lain termasuk sekolah atau perguruan tinggi negeri.

“Karena itu meningkatkan kualitas lembaga pendidikan adalah sebuah keniscayaan. kami akan fokus ke situ,” katanya.

Mathla’ul Anwar yang telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dan memiliki beberapa perwakilan di luar negeri telah menghasilkan jutaan alumni yang mengisi berbagai posisi penting di tengah masyarakat.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)