Ma'ruf Amin: Perempuan dan Anak Kerap Jadi Korban Perkawinan Tak Sehat

Kamis, 18 Maret 2021 - 11:27 WIB
loading...
Maruf Amin: Perempuan dan Anak Kerap Jadi Korban Perkawinan Tak Sehat
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengatakan, perempuan dan anak kerap menjadi korban dalam perkawinan yang tidak sehat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan, perempuan dan anak kerap menjadi korban dalam perkawinan yang tidak sehat. Karena itulah, kematangan dan pengetahuan tentang pernikahan bagi kedua mempelai sangat penting.

"Dalam perkawinan, seringkali yang menjadi korban adalah perempuan dan anak-anak. Dalam perkawinan yang tidak sehat, kedudukan perempuan menjadi sangat lemah sehingga tidak memiliki posisi tawar dalam mengelola keluarga," katanya saat membuka acara Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan, secara virtual, Kamis (18/3/2021).

Menurut Ma'ruf, perempuan karena umumnya tergantung secara ekonomi, tidak memiliki kesempatan terbaik untuk menyediakan gizi bagi keluarga dan anak-anaknya. Dalam contoh yang ekstrem, kata Ma’ruf pengeluaran keluarga justru lebih banyak dihabiskan untuk rokok, ketimbang untuk membeli makanan bergizi ataupun membiayai pendidikan. "Oleh karena itu peran pendidikan menjadi kunci untuk membangun kemampuan dan kematangan individu. Kita harus dapat membangun lingkungan di mana anak-anak kita mampu menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya sesuai dengan bakat dan kemapuannya. Khusus untuk kaum perempuan pendidikan yang baik akan memberikan kemampuan dan posisi tawar yang lebih besar dalam rumah tangga," tambahnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga, Amany Lubis, mengatakan, seminar nasional dan deklarasi gerakan nasional pendewasaan usia perkawinan digelar pihaknya bersama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) serta beberapa kementerian terkait.

Seminar ini dicanangkan guna menanggapi meningkatnya angka pernikahan usia dini selama masa pandemi pada 2020 di Indonesia. Peradilan Agama mencatat sebanyak 34.000 permohonan dispensasi kawin sepanjang Januari-Juni 2020. Permohonan dispensasi ini dilakukan lantaran salah satu atau kedua calon mempelai belum memasuki usia pernikahan yakni 19 tahun.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)