Semangat Persatuan Harus Jadi Ciri Khas Perjuangan Pemuda

Rabu, 17 Maret 2021 - 19:42 WIB
loading...
Semangat Persatuan Harus Jadi Ciri Khas Perjuangan Pemuda
Pramuhita Aditya Mubdi, kandidat Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) 2021-2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Persatuan merupakan salah satu asas dari lima asas negeri ini. selain sebagai asas, persatuan sebenarnya merupakan karakteristik dan budaya bangsa ini.

Semua butir-butir Pancasila berasal dan atau digali dari akar kebudayaan bangsa Indonesia.

"Bagaimana tidak, di dunia ini hanya Indonesia yang terdiri atas 17.000 pulau, ratusan bahasa, ribuan suku bangsa dan aneka adat budaya serta agama bisa bersatu menjadi sebuah bangsa. ditempat lain bahkan ada yang satu pulau, satu bahasa, satu suku, dan satu agama namun terpercah menjadi banyak negara. Karena itu sebagai anak negri kita harus berbangga dengan terus mempertahankan dan meningkatkan budaya persatuan warisan bumi Pertiwi ini," tutur Pramuhita Aditya Mubdi, kandidat Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) 2021-2023, Rabu (17/3/2021).

Menurut dia, pemuda sebagai lokomotif perubahan harus menjaga persatuan sebagai ciri khas dalam gerakan perjuangannya. Untuk itu gerakan-gerakan perubahan yang di usung kaum muda tentunya mesti terjadi integralitas dan sinergitas dalam mewujudkan cita ideal sebagai harapan masyarakat Indonesia.



Integralisasi gerakan yang dimaksud adalah menyamakan visi dan cita ideal yang sama dalam mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT. "Sedang sinergitas gerakan yang dimaksud adalah upaya untuk menjaga ritme gerakan dengan organisasi-organisai kepemudaan dan kemahasiswaan yang lain agar tetap teguh pada poros nya dengan idealisme yang sama sehingga tak mampu dibeli dan dimanfaatkan oleh elite politik dan para pemangku kebijakan," tuturnya.

Menurut dia, jika idealisme gerakan tetap dipegang teguh, integritas dan sinergitas telah terpatri dalam jiwa setia pemuda pejuang maka yakinlah fajar peradaban kesejahteraan akan muncul di ujung jalan perjuangan.

"Jika itu terjadi maka organisasi-organisasi pemuda dan mahasiswa semua disebut sebagai HMI Harapan Masyarakat Indonesia. Mengapa? Sebab harapan terwujudnya keadilan dan kesejahteraan bagi setiap masyarakat telah diwujudkan dengan gerakan anak negri yang walau berbeda-beda suku dan sebagainya namun karena memiliki cita yang sama semua asa dan harapan itu mampu terwujud," tuturnya.

(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)