KLB Deli Serdang Dibiarkan, Mahfud MD: SBY Juga Tak Bubarkan KLB PKB

loading...
KLB Deli Serdang Dibiarkan, Mahfud MD: SBY Juga Tak Bubarkan KLB PKB
Menko Polhukam Mahfud MD akhirnya mengungkap alasan, pemerintah tidak menghentikan KLB Partai Demokrat yang dilakukan Kelompok Moeldoko Cs. Foto/SINDOnews
TANGERANG SELATAN - Menko Polhukam Mahfud MD akhirnya mengungkap, alasan pemerintah tidak menghentikan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dilakukan kelompok Moeldoko Cs.

Baca juga: AHY Sebut Moeldoko Musuh Bersama, KLB Deli Serdang Harus Dilawan

Menurut Mahfud, pemerintah memang tidak bisa dan tidak boleh menghentikan KLB partai politik. Meskipun KLB itu mengandung perselisihan dalam internal partai itu. Uji kebenaran terhadap KLB itu baru bisa dilakukan hasil resmi KLB diserahkan.

"Ada saja orang menuduh, KLB itu dikawal, KLB itu dilindungi. Tidak ada urusannya. Pemerintah tidak melindungi KLB, tetapi memang tidak boleh membubarkan," kata Mahfud, dalam video yang diterima MNC Portal Indonesia, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: AHY Dikudeta Moeldoko, Dari Penjara Sukamiskin Anas Urbaningrum Unggah Foto Kongres HMI



Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri, hal ini juga pernah terjadi. Tetapi tidak dibubarkan. Namun, itu bukan berarti SBY dan Megawati saat itu mendukung upaya yang dilakukan pihak tertentu.

Baca juga: Tolak KLB Moeldoko, Iti Jayabaya Setia pada Ketum yang Ganteng AHY

"Saya ulangi, Pak SBY tidak membubarkan KLB-nya PKB, ada dua dan berkali-kali forum. Bu Mega juga tidak membubarkan KLB-nya Matori. Bukan Pak SBY dan Bu Mega itu memihak. Tetapi memang oleh UU tidak boleh membubarkan," sambung Mahfud.

Kondisi saat itu dengan hari ini pun, jelas Mahfud, masih sama. Begitupun dengan UU yang digunakan, dan dijadikan dasar, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 1998. Sehingga menjadi jelas kenapa tidak dibubarkan.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top