Cek Respons Kekebalan Tubuh Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Begini Caranya

Minggu, 07 Maret 2021 - 13:00 WIB
loading...
Cek Respons Kekebalan Tubuh Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Begini Caranya
Polres Metro Jakarta Utara melakukan vaksinasi COVID-19 bagi anggota kepolisian polres dan polsek di Ruang Aula, Lantai 6, Mako Polres Jakarta Utara Jumat (5/3/2021). FOTO/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
PURWAKARTA - Setelah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 , maka diperlukan langkah lanjutan berupa uji kuantitatif serologi. Uji ini untuk mengetahui dan melihat respons kekebalan tubuh atau antibodi dari seseorang yang telah mendapatkan suntik vaksin COVID-19.

Uji kuantitatif serologi ini dilakukan dengan cara pengambilan sampel darah yang berfungsi mengidentifikasi patogen di dalam tubuh manusia. "Uji kuantitatif serologi dilakukan pada laboratorium khusus Serologi yang bertujuan membaca hasil pemeriksaan secara kuantitatif. Wujudnya adalah jumlah titer antibodi yang ada di dalam darah," kata dokter spesialis Patologi dari Siloam Hospitals Purwakarta, Adrian Suhendra dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/3/2021).

Uji kuantitatif serologi berbeda dengan rapid test serologi yang menggunakan metode kualitatif, yaitu menunjukkan apakah hasil tes reaktif atau nonreaktif. Intinya adalah metode serologi kuantitatif berfungsi untuk mengecek imun tubuh setelah vaksinasi.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Massal Mulai Sasar ASN Pemprov Jabar

Tes kuantitatif serologi menggunakan immunoassay untuk menentukan nilai kuantitatif titer antibodi terhadap protein Spike-Receptor Binding Domain (S-RBD) COVID-19 dalam darah manusia. Metode ini akan membantu memberikan hasil nilai antibodi seseorang secara akurat sehingga pasien bisa mengetahui bagaimana respons imun tubuhnya terhadap COVID-19.

Tes ini termasuk jenis tes imunologi yang bersifat mengavaluasi titer antibodi COVID-19 dalam tubuh seseorang, baik itu pascavaksin COVID-19 maupun kondisi setelah terpapar COVID-19. Karenanya tes kuantitatif serologi berbeda dengan tes kualitatif serologi pada umumnya.

"Tes kualitatif serologi bertujuan untuk skrining COVID-19, sementara tes kuantitatif serologi bertujuan mengetahui titer antibodi seseorang terhadap COVID-19 yang ditunjukkan dengan satuan u/mL. Nah di RS Siloam Hospitals Purwakarta menyiapkan tes serologi kuantitatif," katanya.

Baca juga: Dukung Vaksinasi, Pakar Untar Ungkap Keamanan dan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Selain itu, tes kuantitatif antibodi juga berguna dalam menilai respons imun humoral seseorang yaitu antibodi terhadap COVID-19 baik pada penyintas COVID-19 maupun pada individu penerima vaksin. Dalam prosesnya, pengumpulan sampel tes kuantitatif serologi diambil dari darah vena dengan waktu proses pemeriksaan adalah sekitar 120 menit.

Pada penerapannya, tes serologi kuantitatif ini ada memiliki tiga kegunaan, yaitu:

1. Bagi yang telah vaksinasi Covid-19, dapat mengetahui apakah tubuh sudah memiliki imun atau belum memiliki antibodi covid 19.

2. Bagi penyintas Covid-19 bisa mengetahui apakah serologinya dapat memproteksi dirinya atau masih bisa terkena kembali.

3. Terapi plasma konvaselen, yaitu sebagai pendonor (orang yang sembuh dari Covid-19 dan sudah di uji dengan hasil negatif) bagi penderita/pasien Covid-19.

Adrian juga mengatakan bahwa tes serologi kuantitatif pada umumnya bisa dilakukan secara berkala dan direkomendasikan untuk pasien yang sudah divaksinasi setelah periode 14 hingga 60 hari dari penyuntikan vaksin tahap kedua.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)