Selain Puan Maharani, Siapa Pimpinan DPR yang Berpeluang Ramaikan Pilpres 2024?

Kamis, 04 Maret 2021 - 17:34 WIB
loading...
Selain Puan Maharani, Siapa Pimpinan DPR yang Berpeluang Ramaikan Pilpres 2024?
Ketua DPR Puan Maharani dan empat pimpinan DPR lainnya saat dilantik. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Menjadi pimpinan DPR RI sebenarnya menjadi poin tersendiri bagi para politisi untuk diperhitungkan dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres). Namun, sampai saat ini, dari lima pimpinan DPR RI, hanya Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar yang masuk bursa calon presiden (capres) 2024.

Puan Maharani adalah ketua DPR RI. Dia juga merupakan putri mahkota Megawati Soekarnoputri. Di PDIP, Puan menjadi salah satu ketua DPP. Jadi, wajar jika Puan kerap masuk bursa capres 2024, meski elektabilitasnya masih rendah.

Dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis 22 Februari 2021, nama Puan masuk dalam survei. Dalam Simulasi Tertutup 14 Nama, Puan menempati urutan 11 dengan 0,8 persen dukungan responden.

Baca juga: Survei Capres 2024, Khofifah Indar Parawansa Ungguli Puan Maharani


Satu nama lainnya yang berpeluang nyapres adalah Muhaimin Iskandar . Politikus senior ini, selain menjabat wakil ketua DPR, merupakan ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa. Dengan posisinya tersebut, wajar jika Cak Imin, sapaan akrabnya, bisa masuk bursa capres 2024.

Namun, dalam sejumlah survei nama Cak Imin belum masuk papan atas. Dalam survei LSI, Simulasi 14 Nama, Cak Imin berada di urutan 14 dengan 0,3 persen dukungan responden.

Baca juga: Puan Maharani Ungkap Pentingnya Kerja Sama Antarnegara di Tengah Pandemi


Tiga pimpinan DPR lainnya yakni Azis Syamsuddin (Partai Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), dan Rachmad Gobel (Nasdem), belum masuk dalam hitungan.

Azis tampaknya harus memberi jalan bagi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk bertarung dalam Pilpres 2024. Demikian pula Sufmi Dasco Ahmad. Saat ini, ada dua elite Partai Gerindra yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang kerap masuk lima besar survei capres.

Satu nama lainnya, Rachmad Gobel juga belum masuk radar survei. Andaikan partainya jadi menggelar konvensi capres, bisa saja pengusaha yang juga mantan Menteri Perdagangan ini ikut serta meramaikannya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)