Menhan Prabowo Luncurkan Kapal Perang Pengangkut Tank

Senin, 01 Maret 2021 - 21:56 WIB
loading...
Menhan Prabowo Luncurkan Kapal Perang Pengangkut Tank
Kapal perang pengangkut tank yang diberi nama KRI Teluk Weda-526 untuk TNI AL diluncurkan di Batam. Foto/Kemhan
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berkomitmen memodernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) dan memperkuat TNI guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komitmen itu dibuktikan dengan peluncuran kapal perang pengangkut tank (AT-8) H-355 untuk TNI Angkatan Laut (AL) yang diberi nama KRI Teluk Weda-526 di Batam, pada akhir pekan lalu, Sabtu Februari 2021. Peluncuran kapal perang tersebut dilakukan oleh Kepala Pusat Alat Peralatan Pertahanan Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan) Marsma TNI Asfan Jauhari. Menurut Jauhari, kapal perang tersebut diproduksi oleh PT. Bandar Abadi Ship Builders and Dry Docks. Baca Juga: 10 Kapal Buatan Anak Bangsa Perkuat Armada Tempur TNI AL

Turut hadir pada acara tersebut, Komisaris Standly Rojali beserta Direktur PT Bandar Abadi Maslina Simanjuntak dan sejumlah pejabat Kemhan lainnya serta dari TNI Angkatan Laut. ”Proses peluncuran kapal, merupakan salah satu momen penting dalam proses pengadaan kapal, yang menandai selesainya pembangunan struktur badan kapal. Pengadaan Kapal Angkut Tank (AT) ini didukung dari anggaran Pinjaman Dalam Negeri (PDN) Tahun Anggaran 2018 dan memulai pembangunannya pada 13 September 2019,” ucapnya, dalam keterangan yang diperoleh SINDOnews (1/3/2021).

Jauhari berharap, penyelesaian pembangunan Kapal Angkut Tank ini dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah direncanakan. “Pengadaan Kapal Angkut Tank ini merupakan bagian dari program Pembangunan Kekuatan Pertahanan untuk mewujudkan Kekuatan Pokok Minimal (minimum essensial force) sesuai renstra 2015-2019,” kata Jauhari.

Pembangunan Kapal Angkut Tank oleh PT. Bandar Abadi, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pembinaan dan mendorong kemandirian industri dalam negeri, guna mengurangi ketergantungan kepada industri negara lain khususnya dalam hal pengadaan kapal-kapal perang. Sedangkan Kapal Angkut Tank KRI Teluk Weda-526, memiliki spesifikasi panjang kapal 117 m, kecepatan maksimal 16 knots (full load), jumlah ABK sebanyak 111 orang, dapat mengangkut pasukan sebanyak 367 orang serta 15 Tank BMP-3F.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)