Prabowo Serahkan 40 Rantis Maung kepada TNI Usai Rapim Kemhan 2021

loading...
Prabowo Serahkan 40 Rantis Maung kepada TNI Usai Rapim Kemhan 2021
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan kendaraan 40 unit rantis Maung kepada TNI. FOTO/DOK.KEMHAN
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memesan 500 unit kendaraan taktis (Rantis) bernama Maung . Rantis yang merupakan buatan PT Pindad itu akan digunakan untuk memperkuat kekuatan TNI .

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan penambahan armada Maung merupakan upaya Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk mendukung peningkatan produksi alutsista dalam negeri.

“Kementerian Pertahanan saat ini tengah memesan rantis Maung sebanyak 500 unit yang diselesaikan secara bertahap oleh PT Pindad (Persero),” kata Dahnil melalui keterangan tertulis, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Prabowo Cek Kesiapan 40 Unit Rantis Maung untuk TNI

Lebih jauh Dahnil menuturkan, hal itu sesuai dengan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. "Bahwa pengembangan industri pertahanan merupakan bagian terpadu dari perencanaan strategis pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara," ucapnya.
Baca Juga : Pesan PBNU ke Komjen Listyo Sigit: Jangan Tumpul ke Atas, Tajam ke Bawah



Dia menjelaskan, Kemhan pun telah menyelenggarakan Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim) Tahun 2021. Rapim digelar selama dua hari yaitu pada tanggal 11 dan 13 Januari 2021.
Baca juga: Listyo Sigit Prabowo Harus Jadikan Polri Makin Dicintai Masyarakat

Adapun saat selesai Rapim, Menhan menyerahkan kendaraan yang jika ditotal berjumlah 44 unit. Jika didetilkan, kendaraan tersebut terdiri dari 40 unit rantis Maung, empat unit Kendaraan Armour ILSV Jeforce, dan 100 unit sepeda motor.

Baca juga: Ramai Soal Kendaraan Taktis Pindad, Ini Sejarah Awal Mula Terciptanya Maung

Prabowo menyerahkan kendaraan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top