KPPI: Butuh Peran Perempuan Wujudkan Indonesia yang Demokratis

Sabtu, 27 Februari 2021 - 20:23 WIB
loading...
KPPI: Butuh Peran Perempuan Wujudkan Indonesia yang Demokratis
Ketua Umum KPPI Dwi Septiani memberikan keterangan pers saat Rakernas II di Hotel Morrissey, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (26/2/2021). FOTO/MPI/RIEZKY MAULANA
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Kaukus Perempuan Politik Indonesia ( KPPI ) Dwi Septiawati mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II akan menghadirkan pemimpin perempuan dari dalam dan luar negeri sebagai pembicara. Dia berharap perempuan Indonesia yang ada di ranah politik dapat belajar dari pengalaman pembicara.

"Kita ingin mendengarkan mereka sebagai perempuan leader di mancanegara dalam beberapa isu yang penting. Pertama adalah bagaimana mendorong keterwakilan perempuan di negara mereka. Kita juga ingin mendengar bagaimana masyarakat sipil terlibat dalam membangun demokrasi di negara tersebut. Sehingga kita sebagai perempuan politik bisa belajar dari pengalaman-pengalaman mereka," katanya, Sabtu (27/2/2021).

Dia mengatakan bahwa ini bagian dari upaya KPPI sebagai organisasi pelopor gerakan perempuan politik untuk terus berkontribusi dalam pemenuhan kemajuan dan perlindungan hak-hak politik perempuan Indonesia yang adil dan bermartabat.

Baca juga: Gelar Rakernas, KPPI Targetkan Keterwakilan Perempuan 30% di Parlemen

"Tentu saja kalau berbicara Indonesia yang adil dan bermartabat kita menginginkan indeks demokrasi yg bagus, indeks demokrasi yang tinggi. Kemudian indeks pembangunan yang tinggi," tuturnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan Indonesia yang demokratis dan maju sumber daya manusianya perlu kontribusi dari perempuan. Apalagi hampir separuh populasi di Indonesia adalah perempuan.

"Dan ini tentu saja membutuhkan peran kontributif dari perempuan. Sebagai entitas dengan jumlah hampir separuh dari seluruh populasi Indonesia tentu sangat tidak mungkin jika tidak terlibat dalam pengambilan keputusan," katanya.

Baca juga: Kartini Perindo Turut Dorong Terpenuhinya 30 Persen Keterwakilan Perempuan di Parlemen

Dwi berharap perempuan Indonesia terus meningkatkan kontribusi pada negeri. Terutama yang ada di ranah politik. "Karena kita ingin perempuan politik terus berkontribusi pada negeri," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0894 seconds (0.1#10.140)