Presiden Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu

loading...
Presiden Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu
Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri, dan Bengkulu. Tangkapan layar
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi melantik tiga gubernur dan wakil gubernur (wagub) terpilih hasil Pilkada Serentak 2020, Kamis (25/2/2021). Sebelum pelantikan dilakukan kirab.

Mereka yang dilantik adalah Gubernur dan Wagub Sumatera Barat (Sumbar) terpilih yakni Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy. Lalu Gubernur dan Wagub Kepulauan Riau (Kepri) terpilih yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Kemudian Gubernur dan Wagub Bengkulu terpilih yakni Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah.

Sebelum dilantik, tiga pasangan ini menerima petikan surat keputusan presiden (keppres). Kemudian dilanjutkan dengan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Presiden Jokowi, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan tiga pasang gubernur berjalan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara yang merupakan tempat pelantikan.

Baca juga: Kerumunan Jokowi di NTT, Demokrat: Presiden Menguji Kapolri, Mantan Ajudannya


Ketiga pasangan ini dilantik berdasarkan Keppres No.40/P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya. Serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti oleh tiga pasangan gubernur tersebut.

(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top