Sandiaga Dorong Kepala Daerah Perkuat Kolaborasi Kembangkan Potensi Parekraf

Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:36 WIB
loading...
Sandiaga Dorong Kepala Daerah Perkuat Kolaborasi Kembangkan Potensi Parekraf
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mendorong Kepala Daerah memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan potensi parekraf, agar dapat membuka lapangan kerja. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendorong Kepala Daerah memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan potensi parekraf, agar dapat membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



Sandiaga melihat langkah-langkah kolaborasi ini bisa memetakan kesiapan destinasi dan infrastruktur di daerah setempat yang terpotret. Kolaborasi ini juga bisa memetakan potensi desa wisata dan juga multiplayer effect nya dari penciptaan peluang dari sisi ekonomi kreatif.

"Juga kita lihat kesiapan masing-masing kabupaten kota berkaitan dengan sumber daya manusia dan kelembagaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dapat kami sampaikan bahwa masing-masing daerah memiliki keunggulan sehingga bentuk kerja sama masing-masing kabupaten kota dilandasi semangat sister region. Jadi kalau di tingkat internasional ada sister cities disini adalah sister region atau kabupaten yang saling bersaudara," kata Sandiaga.

Sebagai contoh, Sandiaga Uno melihat Kabupaten dari Sumatera Utara bisa bersaudara dengan Kabupaten di Jawa Barat dan dapat ditingkatkan kunjungan wisatawan Nusantaranya di masing-masing destinasi pariwisata.

"Karena kita tidak bisa mengandalkan wisatawan mancanegara. Untuk membangkitkan minat wisatawan nusantara dari masing-masing daerah perlu dilakukan satu kerjasama erat yang kita sebut kerja sama sinergi dan kolaboratif," kata Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)