Jokowi Lantik Olly-Steven sebagai Gubernur dan Wagub Sulawesi Utara

Senin, 15 Februari 2021 - 10:20 WIB
loading...
Jokowi Lantik Olly-Steven sebagai Gubernur dan Wagub Sulawesi Utara
Presiden Joko Widodo. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi melantik Gubernur-Wakil Gubernur terpilih Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey dan Steven Kandouw di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2/2021).

Sebelum dilantik, Olly dan Steven mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kirab itu juga diikuti oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Kirab ini dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan. Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Baca juga: Taktik Jitu Olly Dondokambey “Merahkan” Sulawesi Utara


Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor Nomor 21/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara masa jabatan 2021-2024. Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kepada Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

"Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi yang diikuti Olly dan Steven.



Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Sulut ini menjadi yang pertama dari hasil Pilkada Serentak 2020. Olly dan Steven ditetapkan KPUD sebagai pemenang Pilkada Sulut 2020 dengan raihan suara 821.503.

Pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti tes swab PCR sebelum hari H, memakai masker, menjaga jarak. Undangan yang hadir pun sangat terbatas.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)