Sudah Negatif Covid-19, Doni Monardo Siap Donor Plasma Konvalesen

Jum'at, 12 Februari 2021 - 21:43 WIB
loading...
Sudah Negatif Covid-19, Doni Monardo Siap Donor Plasma Konvalesen
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto/dok BNPB
A A A
JAKARTA - Setelah hampir tiga pekan menjalani isolasi mandiri, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo akhirnya dinyatakan negatif Covid-19.

Doni menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) pada hari Jumat tanggal 12 Februari 2021 siang. Selang beberapa jam kemudian, diketahui hasilnya negatif.

"Alhamdulillah tentu saya bersyukur kepada Allah SWT atas hasil negatif Covid ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, dokter di rumah sakit, tim dokter satgas dan BNPB atas segala dukungan dan perhatian yang telah diberikan. Termasuk doa kawan kawan, doa dari masyarakat demi kesembuhan saya," ungkap Doni sebagaimana yang disampaikan Egy Massadiah, Tenaga Ahli BNPB-Satgas Covid 19 siang ini kepada wartawan, Sabtu (12/2/2021).

“Doni Monardo pun resmi menyandang predikat ‘penyintas Covid-19, dan siap menyumbangkan plasma konvalesen,” sambung Egy.

Seperti diketahui, Doni mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada Sabtu 23 Januari 2021 melalui siaran pers resmi BNPB dan Satgas Covid 19.

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif Covid-19. Hari pertama saya tidak merasakan gejala apa apa,” kata Doni dalam keterangan persnya.

Egy menjelaskan, Doni Monardo terpapar Covid usai sepekan terakhir memimpin penanggulangan bencana gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir besar di Kalimantan Selatan. Saat itu Egy ikut mendampinginya. “Hikmahnya, beliau lebih bisa mengerem aktivitas,” ujar Egy.

Selama menjalani isolasi mandiri, Doni tidak pernah berhenti memantau perkembangan situasi kebencanaan di Tanah Air, baik bencana alam maupun bencana non-alam (Covid-19). “Sejumlah daerah yang ia pantau intensif antara lain penanganan gempa di Sulawesi Barat serta banjir di sejumlah daerah,” tutur Egy yang juga jurnalis senior itu.

Bahkan dari ruang isolasi mandiri pada Rabu 3 Februari 2021, Doni memimpin Rapat Pelaksanaan Desa Tangguh Covid-19 dan Pembentukan Posko Tangguh Covid-19 di tingkat kelurahan/desa dan tingkat Kecamatan via Zoom.

“Kami keluarga besar BNPB dan Satgas Covid-19 tentu sangat bersyukur mengetahui Doni Monardo sudah negatif. Itu artinya, beliau bisa kembali hadir di tengah-tengah kita, memimpin dan melanjutkan kerja melawan pandemi,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)